Pengertian ice breaking
menurut Akhmad Afnan Fajarudin. dkk. (2021) dalam jurnal pribadi (Said, 2010) ice breaking adalah permainan atau aksi yang berfungsi untuk mengubah suasana tidak aktif dalam pertemuan. Yang pasti, sebelum suatu gerakan terjadi untuk melonggarkan segalanya menjelang awal perawatan, setidaknya satu memilih pembuka percakapan, yang mungkin tidak dibatasi atau tanpa perencanaan khusus. Tata cara penerapan ice breaking dalam pembelajaran adalah metode pembelajaran yang tidak dibatasi dan strategi yang tersusun dalam proses pembelajaran. https://ejournal.akts.ac.id/index.php/idarotuna/article/view/21
Teknik dan langkah ice breaking
Titi Pujiarti (2020) Teknik ice breaking dilaksanakan dengan 7 langkah-langkah pelaksanaan yaitu membentuk kelompok, penjelasan tujuan permainan, mendiskusikan tema, peneliti menyiapkan catatan, siswa mulai bercerita, peneliti mengatur cerita jangan sampai selesai sebelum siswa terakhir memberikan cerita, cerita berakhir apabila semua siswa sudah bercerita minimal satu kata.
adapun langkah-langkah ice breaking yang akan diterapkan yaitu:
Siswa diajak membentuk lingkaran besar (dikondisikan sesuai keadaan kelas).
Guru menjelaskan tujuan permainan yaitu untuk membangun imajinasi, melatih keberanian berkomunikasi, dan melatih kreativitas berpikir.
Guru memberikan kesempatan untuk menentukan tema yang akan dibuat cerita secara bersama sama.
Guru menyiapkan catatan untuk mencatat cerita siswa.
Siswa pertama dipersilahkan bercerita satu kalimat yang sesuai dengan tema yang sedang dibahas kegiatan bercerita di teruskan oleh siswa yang lain di sebelah kanannya.
Guru mengatur agar cerita jangan sampai selesai sebelum siswa terakhir memberikan ceritanya.