Lihat ke Halaman Asli

Generasi Millenial dan Generasi Z: Perbedaan dan Perubahan Sosial yang Terjadi Antargenerasi

Diperbarui: 20 Juli 2024   20:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Perubahan sosial secara garis besar adalah bentuk perubahan struktur dan tatanan hidup sosial karena adanya masyarakat yang komplek (dinamis). Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang perubahan sosial dalam aspek budaya dan sejarah. Sebelum mendalami opini pribadi saya, mari kita pahami dan kaji teori perubahan sosial menurut William F. Ogburn.

Teori perubahan sosial menurut William F. Ogburn

Menurut William F. Ogburn, perubahan sosial relavan dengan perubahan kebudayaan. Kebudayaan yang dimaksud oleh William dibagi menjadi 2, yaitu adalah:

  • Kebudayaan material: kebudayaan yang berwujud atau bisa dilihat, dipegang dan digunakan. Contoh: teknologi, baju, bangunan.
  • Kebudayaan imaterial: kebudayaan yang tidak berwujud atau tidak bisa dilihat atau dipegang tapi bisa dirasakan. Contoh: pola pikir atau perilaku.

Jadi, menurut William F. Ogburn, kebudayaan yang berwujud seperti teknologi bisa mempengaruhi perubahan yang tidak berwujud seperti pola pikir atau kebiasaan manusia.

Generasi Millenial dan Generasi Z

sebelum membahas tentang perubahan sosial yang terjadi antar 2 generasi tersebut, kita terlebih dahulu memahami dan mengetahui secara singkat masing generasi dalam uraian berikut:

1. Generasi Millenial.

Generasi Y atau Milenial mereka yang lahir pada tahun 1981 hingga 1996. Mereka dikenal sebagai generasi yang tumbuh bersamaan dengan perkembangan teknologi, ciri-ciri khas mereka termasuk penggunaan awal media sosial, adptibilitas terhadap teknologi baru, cenderung memiliki pandangan pola pikir yang lebih terbuka dan progresif dari generasi sebelumnya.

2. Generasi Z.

Generasi Z adalah mereka yang lahir pada tahun 1997 hingga 2012. Mereka dikenal dengan generasi yang terhubung teknologi sejak lahir sehingga mereka tidak merasakan adanya adaptasi, ciri khas mereka adalah kemampuan multitasking, dan kepekaan terhadap isu sosial dan lingkungan. Mereka cenderung lebih realistis dibandingkan generasi sebelumnya.

Dengan penjelasan singkat antar kedua generasi tersebut, dapat kita buktikan bahwa masyarakat akan terus bergerak dari titik ke titik selanjutnya, menunjukan bukti bahwa masyarakat bersifat dinamis dan kompleks dapat menyebabkan perubahan sosial

Perubahan sosial yang terjadi pada generasi Millenial dan generasi Z

saya akan menguraikan perubahan sosial yang saya amati terhadap kedua generasi tersebut dalam berbagai aspek seperti berikut:

1. Teknologi dan Komunikasi:

  • Millennial: Tumbuh dengan perkembangan internet dan ponsel. Mereka menyaksikan transisi dari analog ke digital.
  • Generasi Z: Lahir dalam era digital, mereka tidak mengenal dunia tanpa internet dan smartphone. Mereka lebih mahir menggunakan teknologi dan media sosial sejak usia dini.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline