Lihat ke Halaman Asli

Miftahul Jannah

Akun Pengabdian

Meriahnya Festival Embung Patemon untuk Meningkatkan Potensi Wisata Desa

Diperbarui: 15 November 2021   08:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Festival embung sukses terlaksana dengan berbagai kegiatan seru. Festival ini menjadi salah satu agenda wisata yang ditunggu-tunggu banyak masyarakat kelurahan Patemon. Pasalnya, selama festival ini berlangsung pengunjung maupun wisatawan bisa menikmati wisata embung dengan keindahan alam terbuka seperti pemandangan persawahan, dan juga bisa memancing di embung.

Kegiatan dalam festival ini ada senam pagi, lomba masak olahan ikan tawar, lomba yel-yel dengan tema Embung Patemon, dan penanaman pohon secara simbolis. Kemeriahan festival embung tersebut dihadiri oleh pihak Kecamatan Gunungpati, jajaran kelurahan Patemon, RT, RW, warga, serta mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang dan Universitas Negeri Semarang.

Festival Embung ini diawali dengan kegiatan senam pagi disekitar embung yang diikuti oleh tamu undangan, jajaran kelurahan, masyarakat, dan mahasiswa KKN yang dipimpin oleh instruktur senam profesional dari alumni kampus UNNES. 

Setelah itu ada kegiatan penanaman pohon simbolis yang dilakukan langsung oleh pihak kecamatan Gunungpati, LPMK, dan juga Lurah kelurahan Patemon. 

Kemudian dilanjutkan dengan lomba mengolah makanan olahan ikan tawar yang telah disiapkan oleh perwakilan per RW Kelurahan Patemon. 

Variasi menu makanan yang dilombakan ada berbagai macam bentuk yang kreatif dan juga menarik. Kemudian dilanjutkan dengan lomba yel-yel Patemon yang diperuntukkan bagi perwakilan masyarakat per RW. Dan tidak lupa keseruan festival ini juda ada pemberian doorprize menarik yang telah disediakan oleh panitia pelaksana.

Dokpri

Kegiatan Festival ini diselenggarakan atas dasar kegiatan awal setelah dilantiknya Bapak Muhamad Khosim selaku Lurah patemon yang baru. Festival tersebut dipilih karena beliau  ingin mengembangkan Wisata Embung Patemon dan memperkenalkan Wisata Embung Patemon lebih jauh kepada khalayak umum.

Selama berjalannya festival embung ini panitia pelaksana tetap menerapkan protokal kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah bagi tamu undangan serta pengunjung yang menghadiri festival ini. Pengunjung sebelum masuk arena festival wajib memakai masker, memakai hand sanitizer, dan juga menjaga jarak.

Setelah pelaksanaan acara festival embung selesai, pak lurah menyampaikan terimakasih atas kesuksesan acara pada hari tersebut serta memberikan harapan kedepannya setelah acara tersebut berlangsung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline