Lihat ke Halaman Asli

Miftahul Jannah

Akun Pengabdian

Peringati Hari Santri Nasional, Mahasiswa KKN Gelar Nobar Film "Bilal Bin Rabbah"

Diperbarui: 8 November 2021   16:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa KKN RDR 77 Kelompok 111

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Reguler dari Rumah (RDR) angkatan ke-77 kelompok 111 Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang (UIN WS) menggelar kegiatan nonton bareng dalam memeriahkan serangkaian acara hari santri, yang bertempat di rumah Bapak Taufiq selaku Ketua RW 01 kelurahan Patemon, Sabtu (16/10/21) 20.00 WIB.

Film yang diputar dalam acara tersebut yakni "Bilal Bin Rabbah" yang bergenre edukasi religi, sebagai bahan pembelajaran bagi anak-anak kecil di desa Patemon serta menyemarakkan acara hari santri pada tahun 2021.

Bilal Movie

Berkisah tentang seorang sahabat Nabi dari Ethopia berumur 7 (tujuh) tahun yang memiliki cita-cita menjadi seorang ksatria. Hanya saja, Bilal dan saudara perempuannya (Ghufaira) diculik dan dijual kepada Umayya (saudagar terkaya di seluruh Arabia) sebagai budak yang penuh dengan kekejaman dan ketidakadilan. Meskipun Bilal mengalami kesulitan yang bertubi-tubi, Bilal mulai menemukan kekuatan dari dalam dirinya untuk menemukan jalan hidupnya hingga Bilal menjadi Muazin islam pertama yang ditunjuk oleh Nabi Muhammad SAW.

Koordinator KKN RDR 77 Kelompok 111 memberikan pesan kepada anak anak

Kegiatan tersebut diakhiri dengan pemberian sebuah pesan tersirat dan tersurat oleh Wali Cosara selaku koordinator KKN RDR 77 kelompok 111 agar anak-anak yang menonton lebih terfokuskan pada film yang ditonton dan dapat mengambil banyak pelajaran didalamnya.

"Walaupun di dalam film tersebut banyak adegan peperangan, namun jangan ditiru ya adik-adik, tapi ambillah hal-hal yang positif seperti bilal itu saling menyayangi satu sama lain, memiliki cita cita yang kuat, selalu memperjuangkan kebaikan, membela keadilan, melawan perbudakan, penindasan, dan diskriminasi" ujar wali.

Antusias anak-anak desa yang ikut menonton film tersebut dapat diacungi jempol karena mereka dengan semangat mengajak teman-temannya untuk menonton film tersebut bersama-sama, walaupun ada beberapa anak yang pulang sebelum film selesai diputar, namun masih banyak juga anak-anak yang menonton film tersebut sampai selesai dan mendengarkan pesan dari koordinator KKN kelompok 111




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline