Lihat ke Halaman Asli

Miftahul Ilma

211011200282-04SAKP012 UNIVERSITAS PAMULANG

Struktur Pasar dalam Ekonomi Syariah

Diperbarui: 9 Mei 2023   19:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Yang pertama itu ada pengertian tentang apa itu struktur pasar? Nah jadi yang dimaksud dengan Struktur pasar yaitu, penggolongan produsen kepada beberapa bentuk pasar berdasarkan pada ciri-cirinya. Contohnya,seperti mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam industri dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Maka dalam teori ekonomi struktur pasar itu dibedakan menjadi dua yaitu:

1. Pasar persaingan sempurna

Dimana Islam menegaskan bahwa pasar harus berdiri di atas prinsip persaingan bebas (perfect competition). Pasar persaingan sempurna adalah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen(sama). 

Dimana harga terbentuk ini karena mekanisme pasar dan hasil pengaruh dari suatu penawaran dan permintaan. Sehingga penjual dan pembeli di pasar tidak dapat mempengaruhi harga dan hanya berperan sebagai penerima harga (price-taker) saja. Jadi Pasar persaingan sempurna adalah struktur pasar yang paling ideal.

2.Pasar persaingan tidak sempurna 

Dimana antar penjual dan pembeli, jumlahnya relative. Terkadang ada pasar yang jumlah penjualnya sedikit, bahkan ada yang jumlah penjualnya hanya satu. Pasar tidak sempurna dibagi menjadi beberapa macam yaitu sebagai berikut:

a) Pasar Monopoli (ihtikar) Adalah di mana dalam pasar hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Dan seorang monopolis adalah sebagai, jadi intinya adalah seorang monopolis dapat menaikkan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan di produksi.

mungkin teman-teman ada yang belum tau tentang apa itu Ihtikar? Nah Ihtikar itu adalah mengambil keuntungan di atas keuntungan normal dengan caranya yaitu,menjual lebih sedikit barang untuk harga yang lebih tinggi, atau istilah ekonominya disebut dengan monopoly's rent.

b) Pasar Oligopoli yaitu,pasar dimana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan,nah biasanya kurang dari 10 perusahaan. Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, dimana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari para pesaing mereka. Sehingga semua usaha seperti, promosi, iklan, pengenalan produk baru dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka. 

c) Monopolistik Adalah terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang yang sama tetapi memiliki perbedaan. Penjual dalam pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki ciri tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya. Contohnya adalah PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), sebagai penyedia listrik. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), sebagai penyedia air bersih. PT Pertamina, sebagai penyedia bahan bakar.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline