Lihat ke Halaman Asli

Miftahul Abrori

Menjadi petani di sawah kalimat

Ribuan Lampion dan Wisata Perahu, Daya Tarik Imlek di Solo

Diperbarui: 26 Januari 2020   17:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: instagram.com/dhian_hardjodisastro

Kota Venesia di Italia terkenal dengan wisata perahu di sungai yang membelah tengah kota. Sensasi tak jauh beda dirasakan wisatawan saat perayaan tahun baru Imlek 2020 di Kota Solo.

Wisata perahu atau perahu wisata menjadi daya tarik Imlek di Solo sejak tahun 2015. Pemkot Solo memang punya harapan Wisata Perahu jadi ikon wisata Kota Solo. 

Untuk mewujudkannya Pemkot Solo menormalisasi Kali Pepe, mengeruk sedimentasi dan membersihkan sampah sejak beberapa tahun terakhir. 

Pemkot bekerjasama dengan panitia Imlek mewujudkan tradisi tahunan ini sebagai daya tarik wisatawan

Alhasil, di tahun 2020 wisata perahu lebih tertata dan menarik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Terdapat tiga perahu wisata yang dihiasi ornamen lampu warna-warni. 

Masing-masing perahu bermotor ini bisa ditumpangi 8 orang. Penumpang tak perlu was-was karena perahu dilengkapi jas pelampung dan "disopiri" petugas. Tim keselamatan juga siap siaga memastikan keselamatan penumpang.

Foto: instagram.com/humannizing_human_being

Keberadaan perahu wisata ini mampu menarik ratusan wisatawan lokal dan luar kota Perahu yang beroperasi mulai pukul 18.00 hingga pukul 23.00 setiap hari diminati sekitar 500 penumpang. Tiket perahu pun cukup terjangkau. 

Dengan jarak tempuh 300 meter dan menghabiskan waktu sekitar 15 - 20 menit pengunjung cukup membayar Rp10.000 per orang.

Ratusan lampion menggantung di sepanjang aliran sungai Kali Pepe. Lampion cukup mempercantik suasana malam di atas perahu yang berjalan santai. 

Sisi-sisi sungai terdapat mural karya pemuda setempat bertema menjaga persatuan. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline