Lihat ke Halaman Asli

mie gantenk

Pembelajar

Apa Saja yang Harus Disiapkan dalam Pertandingan Antar Sekolah?

Diperbarui: 27 Februari 2021   11:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi FA

Assalamu'alaikum w.w.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman mengenai hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan dalam mempererat sillaturahim antar sekolah.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sebuah pertandingan khususnya ketika kegiatan itu dilaksanakan di lingkungan sekolah. Karena jika dirancang dengan baik tentunya banyak manfaat yang akan didapatkan baik yang bermain dan juga yang menonton atau mendukung kegiatan pertandingan saat itu.

Inilah hal-hal yang biasanya harus dilakukan ketika akan memulai sebuah pertandingan antar sekolah.
1] INFORMASI WAKTU

Hal ini penting untuk diketahui semua warga sekolah apalagi jika pertandingan melibatkan banyak anak atau peserta didik. Alasan lainnya yakni agar peserta didik memiliki ruang yang cukup atau dapat menyelesaikan dengan baik. Misalnya jika kita tahu pertandingan sepakbola dengan standar pemain yang sesuai tentu akan berbeda dengan pertandingan bola voli.

2] ATURAN MAIN

Seringkali terjadinya rasa dendam dan berujung pertikaian antar tim atau kelompok disebabkan karena aturan pertandingan yang tidak jelas disampaikan dan diketahui banyak orang. Karenanya setiap penyelenggara atau yang melaksanakan pertandingan agar menyiapkan dengan sebaik-baiknya baik teknis acara, siapa saja yang terlibat, dan lainnya.

Dokumen pribadi FA

3] HADIAH

Sebagai bentuk dukungan, ucapan terima kasih dan motivasi kepada para pemain biasanya disebutkan dan disampaikan juara 1, 2 dan 3 juga hadiah apa saja yang akan diberikan kelak sehingga sudah diketahui oleh semua dari awal dan tidak ada kecemburuan sosial tentunya.


4] SOSIALISASI
Kegiatan apapun yang ada di sekolah termasuk menyelenggarakan pertandingan harus disosialisasikan dengan benar dan tidak terburu-buru. Adapun medianya banyak sekali bisa lewat media sosial yang ada atau cara lain yang sekiranya efektif.

Semoga catatan singkat ini bermanfaat buat semuanya, khususnya pembaca KOMPASIANA.

Salam,
Fahmi 27-02-2021




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline