Lihat ke Halaman Asli

Nobar dan Bedah Film Dalam Rangka Menyuarakan Moderasi Beragama di MAN 2 Pandeglang

Diperbarui: 8 September 2023   18:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Penulis

Kolaborasi Mahasiswa PLP Integratif UIN SMH Banten dengan OSIM MAN 2 Pandeglang dalam Rangka Menyelenggarakan Bedah Film Moderasi Beragama Berjudul "Tanda Tanya" pada Rabu (06/09/2023) di lingkungan MAN 2 Pandeglang. Kegiatan ini bertujuan untuk menyuarakan toleransi antar umat beragama dan mengkonstruksi realitas konflik agama yang terjadi di masyarakat. Dengan berani, film ini mengangkat perbedaan agama yang merupakan bagian sensitif untuk dibicarakan. Tema film ini mengenai pluralisme agama di Indonesia yang menyangkut tiga keluarga yaitu keluarga Tan Kat Sun yang diperankan oleh Henky Solaiman (Buddha), keluarga Soleh yang diperankan oleh Reza Rahardian (Islam), dan keluarga Rika yang diperankan oleh Endhita (Katolik).

Berdasarkan hasil wawancara salah satu siswi MAN 2 Pandeglang yaitu Najiah, setelah menonton film tanda tanya ia berpendapat bahwa film tanda tanya ini mengajarkan banyak hal kepada kita, "dari film tanda tanya kita bisa memahami bahwa pentingnya bertoleransi antar umat beragama, mengajarkan agar kita tetap menjaga satu sama lain dan tetap rukun walaupun berbeda agama. Karena keamanan dan kedamaian akan tercipta ketika semuanya saling menjaga toleransi. Film tanda tanya ini juga seru banget apalagi nonton nya bareng sama temen jadi kalo ada yg kurang ngerti sama alur film nya bisa saling menjelaskan", tutur Najiah.

Dokumentasi Penulis 

Pada dasarnya moderasi beragama merupakan hal atau prinsip untuk memelihara keharmonisan antar agama. Tanpa adanya moderasi maka sikap intoleran lah yang akan menguasai setiap sifat manusia.

Oleh karena itu dalam kegiatan nobar ini diharapkan siswa dapat belajar untuk menghargai dan menghormati keberagaman serta memelihara kerukunan kelompok agama.

Dokumentasi Penulis




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline