Lihat ke Halaman Asli

Kelompok 1

Tugas Kelompok 1 Micro Tablig KPI/B Angkatan 22

Peristiwa Menarik dan Penuh Makna Selama Bulan Puasa

Diperbarui: 2 Oktober 2024   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://telisik.id/assets/img/news/2021/10/kisah_sahabat_rasulullah_yang_ingin_miskin_tapi_selalu_gagal.jpg

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan memiliki banyak peristiwa menarik yang patut kita renungkan. Selain ibadah puasa, terdapat sejumlah peristiwa penting yang terjadi baik pada masa Rasulullah SAW maupun di sepanjang sejarah Islam. Mari kita bahas beberapa di antaranya:

1. Nuzulul Quran

Peristiwa paling agung yang terjadi di bulan Ramadan adalah turunnya Al-Quran. Pada malam ke-17 Ramadan, tepatnya di Gua Hira', Jibril AS membawa wahyu pertama kepada Nabi Muhammad SAW. Peristiwa ini menandai dimulainya syariat Islam dan menjadi pedoman hidup bagi umat manusia hingga akhir zaman.

2. Perang Badar

Perang Badar merupakan perang pertama yang dimenangkan oleh umat Islam. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 17 Ramadan tahun 2 Hijriah. Kemenangan dalam perang ini menjadi titik balik bagi umat Islam dan menandai dimulainya kebangkitan Islam.

Dalam perang Badar, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah telah menanjikan kepada salah satu dari dua pasukan ini kemenangan." (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Fathu Makkah

Peristiwa pembebasan kota Makkah oleh Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya terjadi pada tanggal 20 Ramadan tahun 8 Hijriah. Kemenangan ini menandai berakhirnya masa perjuangan Nabi Muhammad SAW dan dimulainya era baru bagi Islam.

"Sesungguhnya Allah telah membuka untuk kalian Mekkah, maka masuklah ke dalamnya dengan aman. Dan ingatlah, hari ini adalah hari raya kalian." (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Malam ini penuh dengan keberkahan dan ampunan bagi seluruh umat manusia. Sayangnya, malam ini dirahasiakan oleh Allah SWT agar seluruh umat Muslim berlomba-lomba mencari dan menunaikan ibadah di 10 malam terakhir Ramadan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline