Lihat ke Halaman Asli

Michelle Nathalie Wijaya

Hospitality Student

Cerdas dalam Berpendapat

Diperbarui: 29 April 2022   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Semakin berkembangnya zaman, semakin berkembang juga era digital di masa sekarang ini, dimana sosial media digunakan di seluruh bagian bumi, baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia. 

Media sosial adalah platform digital yang dapat memfasilitasi penggunanya untuk saling bersosial baik secara berkomunikasi atau membagikan konten yang ada, tidak dapat dipungkiri juga media sosial digunakan untuk sebagian orang dalam menyampaikan atau mengekspresikan ide positif mereka dalam pandangan yang dimiliki dan terkadang berbeda dengan pandangan yang lainnya. 

Hal ini yang harus kita tanamkan dalam diri, bagaimana cara kita untuk dapat berpendapat secara baik di media sosial.

Kita sebagai pengguna media sosial harus bisa menyebarkan hal yang positif dan menghindari timbulnya perpecahan, penyebaran hoax ataupun konten yang sifatnya negatif. 

Seorang content creator harus dapat berhati-hati dalam menyampaikan pendapat mereka, sehingga yang dibagikan dapat memberikan manfaat dan inspirasi positif bagi pembaca.

  1. Memastikan kita memahami informasi secara lengkap 
    Hal yang pertama adalah sebelum menyampaikan pendapat, kita harus benar-benar memastikan bahwa kita mengetahui informasi yang benar mengenai pendapat yang akan kita lontarkan, tidak hanya setengah namun kita memahami secara lengkap dan jelas. Kita harus bisa menghindari pertanyaan yang nimbul dari masyarakat, sehingga kita harus memastikan bahwa isu yang akan kita bicarakan adalah suatu isu yang memiliki kebenaran dan adanya sumber yang jelas.

  2. Menghindari perkataan yang mengarah kebencian
    Ketika kita sedang berpendapat, sebaiknya kita hindari ucapan kebencian di dalam perkataan kita. Karena pendapat yang disertai perkataan kebencian akan memiliki arti yang berbeda, kita cukup menyampaikan informasi secara logis dan sesuai dengan informasi yang ada.
    Selain itu, jika kita mengucapkan suatu hal kebencian, ini dapat menimbulkan konflik antar pengguna sosial media dan tidak menutup kemungkinan dapat memicu sakit hati pembaca, hingga kita menjadi pembawa dampak buruk bagi orang sekitar atau pembaca kita.

  3. Menggunakan kalimat yang menyeluruh
    Selanjutnya hal yang tidak kalah penting adalah pemilihan kata yang benar dan menyeluruh, dimana kita sebagai penyebar pendapat tidak menggunakan kalimat yang provokatif atau hanya fokus pada 1 objek saja. Tidak semua pembaca dapat memahami dan setuju dengan opini yang kita sampaikan, maka dari itu, kita harus bisa menggunakan kalimat yang terarah dan menyeluruh.

  4. Memikir berulang ketika ingin menyampaikan pendapat
    Media sosial adalah tempat yang dapat digunakan siapapun yang berarti sifatnya terbuka untuk kita menyampaikan pendapat. Sehingga, ketika kita ingin menyampaikan sesuatu kita harus benar-benar memikirkan semua secara berulang. Apakah pendapat kita memiliki sumber yang terpercaya atau tidak, apakah pendapat yang kita keluarkan dapat menyebarkan dampak positif atau negatif dan sebagainya.
    Terutama jika kita ingin berpendapat dalam suatu yang yang sensitive, kita harus memperhatikan dan mempertimbangkan di berbagai aspek dalam sebuah informasi yang kita miliki sehingga tidak menyebabkan adanya permasalahan atau perdebatan yang akan terjadi di sosial media.

  5. Bahasa yang sopan dan santun
    Terakhir adalah menggunakan bahasa yang sopan dan santun. Media sosial memang tempat kita untuk menyampaikan pendapat dan menuangkan ide kita, akan tetapi kita juga harus bisa memilah perkataan dan bahasa yang akan kita gunakan. Saat kita sedang berpendapat, kita harus selalu menggunakan bahasa yang sopan dan santun, ini dapat membuat orang lain juga akan menghormati kita dan juga pendapat yang kita ucapkan.



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline