Dalam beberapa tahun terakhir, sejak popularitas berbelanja online naik, semakin banyak orang mulai mendirikan online shop. Banyak toko-toko 'tradisional' juga mulai digitalisasi lewat platform online untuk dijual ke pelanggan, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli dan lainnya. Pola konsumsi pelanggan juga mulai berubah akhir-akhir ini sejak munculnya pandemi virus Corona (Covid-19), mereka semakin giat membeli barang apapun secara online. Belanja online benar benar telah menjadi trend pasar saat ini, sehingga persaingan antar toko pun semakin ketat. Banyak online shop mulai menggunakan berbagai jenis periklanan untuk membantu mempromosikan bisnis mereka, dan Google Shopping Ads jelas menjadi salah satu bentuk periklanan paling populer dan menjadi pilihan para online shop di seluruh dunia, termasuk Indonesia.
Apa itu Google Shopping Ads?
Saat pengguna Internet mencari produk yang mereka minati, misalnya cari sepatu sneakers Jordan di Google Search, maka Google Shopping ads akan muncul di hasil pencarian Anda.
Setiap Google Shopping Ads akan berisi gambar produk, headline, harga, nama toko, dan lain lain. Terkadang terdapat informasi lain juga, seperti biaya pengiriman, opini dari pembeli sebelumnya, diskon, dll. Sehingga pengguna dapat membandingkan produk Anda sebelum mengklik iklan. Pemahaman yang mendalam juga dapat memudahkan pengguna untuk membandingkan produk di toko yang berbeda untuk menentukan pilihan.
Setelah mereka mengklik Google Shopping Ads bisnis Anda, pengguna akan diarahkan langsung ke website yang menunjukkan produk bisnis Anda, bukan main webpage. Ini dapat membantu mempersingkat proses pembelian pelanggan dan mempertahankan keinginan untuk berbelanja, sehingga dapat meningkatkan rasio konversi dan tingkat keefektifan.
Manfaat dari Google Shopping Ads:
1. Tata letak iklan dalam SERP (Search Engine Result Page) dapat menarik perhatian pengguna
Google Shopping Ads akan ditampilkan di bagian atas hasil pencarian, sehingga pengguna yang mencari kata kunci terkait akan langsung melihat iklan tersebut. Format visual ini dapat menarik banyak klik, membantu meningkatkan website traffic, dan menarik pelanggan untuk membeli produk Anda. Seiring dengan meningkatnya eksposur brand secara online, popularitas brand pun juga dapat meningkat.
2. Mampu menjangkau calon konsumen dengan lebih akurat
Google Shopping Ads akan menampilkan produk yang relevan dengan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna, yang juga berarti bahwa pengguna telah tertarik dengan produk yang Anda jual saat melakukan pencarian, sehingga potensi mereka untuk membeli relatif tinggi. Tidak hanya itu saja, iklan ini juga dapat menarik mereka untuk menjelajahi produk lain di website bisnis Anda, sehingga dapat meningkatkan peluang mereka untuk menjadi pelanggan setia.
3. Lebih menarik ketimbang keywords ads