Lihat ke Halaman Asli

Michelle Salinas

Freelance Writer

Kreasikan Nama Brand Anda: Tips dari Yosef Adji Baskoro dan Ninja Xpress

Diperbarui: 21 Oktober 2024   19:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok: Ninja Xpress

Salah satu aspek penting dalam membangun bisnis adalah nama brand sebagai identitas dari sebuah bisnis dan umumnya digunakan oleh masyarakat untuk mengenali hingga mengingat produk yang dipasarkan. Menentukan nama brand sering kali menjadi tantangan bagi para pelaku bisnis. Nama brand yang baik tidak hanya harus unik dan mudah diingat, tetapi juga harus merepresentasikan produk dan nilai bisnis secara keseluruhan.

Dengan membuat nama brand yang tepat dapat memberikan berbagai manfaat, seperti menambah jumlah pelanggan menunjukkan kredibilitas, hingga dapat meningkatkan brand awareness. Namun, menentukan nama brand yang bagus dan sesuai dengan produk serta nilai bisnis tidaklah mudah. Kesalahan dalam memilih nama bisa membuat brand kurang diingat oleh konsumen, meskipun produk yang dijual sudah bagus.

Yosef Adji Baskoro, seorang expert digital marketing, bersama Ninja Xpress membagikan beberapa tips efektif untuk membuat nama brand yang catchy dan menjual:

1. Dekat dengan Calon Pelanggan 

Nama brand harus bisa menunjukkan value dan apa yang ditawarkan bisnis kepada masyarakat. Nama bukan hanya pembeda, tetapi juga "trigger" yang bisa memancing interaksi dan kenangan dengan brand. Identifikasi target pasar yang jelas untuk menentukan nama yang bisa menarik audiens yang tepat.

2. Gunakan Produk sebagai Petunjuk 

Jadikan produk yang dijual sebagai inspirasi dalam menentukan nama brand. Sebagai, brand "Tolak Angin" yang langsung menunjukkan produk herbal untuk mencegah masuk angin. Nama yang mudah dimengerti akan memudahkan bisnis dalam menyampaikan solusi atau produk kepada konsumen.

3. Autentik dan Orisinal 

Autentisitas brand sangat penting. Sebanyak 88% konsumen berpendapat bahwa keaslian sebuah brand mempengaruhi keputusan mereka dalam menggunakan dan mendukung brand tersebut. Pastikan nama brand tidak menyerupai kompetitor dan belum digunakan oleh bisnis lain.

4. Mudah Dilafalkan dan Divisualisasikan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline