Lihat ke Halaman Asli

Michelle

Mahasiswa

KKN Program Studi Farmasi Universitas Esa Unggul: Membangun Pola Hidup Bersih dan Sehat serta Mengenalkan Tanaman Obat Keluarga kepada Siswa SD Negeri Peninggilan 7 dan SD Negeri Pangadegan III

Diperbarui: 5 Maret 2022   12:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Spanduk Kuliah Kerja Nyata, Dokpri

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa. Suatu bentuk kegiatan pembelajaran lapangan yang dilaksanakan oleh mahasiswa sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Rektor 03/SK-R/UEU/I/2012. Pelaksanaan kuliah demikian, diharapkan dapat meningkatkan empati mahasiswa dan dapat memberikan sumbangan penyelesaian persoalan yang ada dimasyarakat. Sebagai kegiatan intra kurikuler, KKN merupakan bagian integral dari kurikulum program studi yang diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan intelektual, emosional, dan sosial. Kegiatan KKN ini dilaksanakan di SD Negeri Peninggilan 7 dan SD Negeri Pangadegan III.

SD Negeri Peninggilan 7 merupakan sekolah yang berlokasi di jalan Sukarela, Paninggilan, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, Provinsi Banten. Sedangkan, SD Negeri Pangadegan III merupakan sekolah yang berlokasi di jalan Kampung Pabuaran Sukamantri, Kecamatan Pasarkemis, Kabupaten Tangerang. Berdasarkan data yang terdapat di Badan Akreditasi Nasional, kedua sekolah ini masih menyandang status terakreditasi B. Hasil observasi yang kami lakukan selama 2 hari untuk memastikan bahwa tidak ada yang terlewat terkait segala yang diperlukan dalam kegiatan dan program selanjutnya mendapatkan beberapa kekurangan serta kebutuhan sekolah yang dirasa perlu untuk dibenahi.

Kondisi SD Negeri Peninggilan 7 dan SD Negeri Pangadegan III terbilang cukup asri dan bagus karena lingkungannya dipenuhi pohon dan tanaman. Terdapat 1 ruang kepala sekolah, 1 ruang guru atau kantor, 6 kelas, kamar kecil, serta terdapat beberapa wastafel cuci tangan di depan kelas. Namun sejak pandemi, sekolah tidak lagi digunakan untuk kegiatan pembelajaran, sehingga sekolah menjadi kurang terurus dan banyak ruang kelas dipenuhi debu.

Administrasi sekolah SD Negeri Peninggilan 7 masih kurang mendukung karena tidak adanya ruang khusus siswa yang sakit atau ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan lemari obat. Tidak ada pula fasilitas ruangan konseling. Selain itu, perpustakaan yang belum terurus dengan baik dan tidak tertata dengan baik juga menjadi kebutuhan dari sekolah. Buku induk siswa belum tersusun rapi dan biodata siswa belum direvisi di laman website Dapodik Kemendikbud. Untuk itu, SD Negeri Peninggilan 7 menjadi salah satu sekolah yang terpilih untuk dilaksanakannya program Kampus Mengajar.

Dalam aspek pembelajaran, selama pandemi COVID-19 kemampuan literasi dan numerasi peserta didik tergolong cukup rendah. Banyak peserta didik yang telat mengikuti pembelajaran karena tidak memiliki fasilitas penunjang pembelajaran, seperti handphone atau laptop dan keterbatasan akses internet. Hal ini menyebabkan banyak siswa yang belum lancar membaca dan banyak siswa yang masih sulit membedakan cara menghitung penjumlahan, pengurangan, perkalian, ataupun pembagian. Namun, ada beberapa guru yang berinisiatif untuk melakukan pembelajaran dengan metode home visit, yaitu belajar bersama di salah satu rumah siswa setiap harinya.

Kemampuan guru dalam menggunakan teknologi juga masih tergolong cukup rendah, sehingga pembelajaran di SD Negeri Peninggilan 7 dan SD Negeri Pangadegan III selama COVID-19 hanya dilakukan melalui whatsapp group. Namun hal tersebut pun tak bisa di pungkiri dari situasi dan kondisi orang tua wali murid. Terdapat keluhan-keluhan terkait penggunaan video conference seperti zoom, video call, dan sebagainya terkait kuota, jam kerja orang tua, keterbatasan telepon genggam yang dimiliki orang tua siswa, bahkan kurangnya kemampuan dalam berbahasa inggris.

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan oleh Program Studi Farmasi Universitas Esa Unggul dengan tema "Membangun Pola Hidup Bersih dan Sehat serta Mengenalkan Tanaman Obat Keluarga kepada Siswa SD Negeri Peninggilan 7 dan SD Negeri Pangadegan III".

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilaksanakan sejak 01 November 2021 sampai dengan 16 Desember 2021 oleh mahasiswa Program Studi Farmasi (Wida Eka Liesmana, Michelle, Tassa Nureka, Ajeng Putri Kumala, dan Sabna Allisya Firti) dengan dosen pembimbing Ibu Dr. apt. Ratih Dyah Pertiwi, M.Farm.

Program yang kami lakukan adalah membantu mengajar literasi dan numerasi. Pembelajaran ini dilakukan secara daring dan luring. Saat daring, pembelajaran dilakukan dengan menggunakan aplikasi zoom dan google meet. Sedangkan, saat luring pembelajaran dilakukan dengan metode home visit dan metode tatap muka saat Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) sudah dimulai.

Pembelajaran di SD Negeri Peninggilan 7, Dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline