Lihat ke Halaman Asli

Prestasi SMP Negeri 1 Karawang Barat di Kancah Internasional

Diperbarui: 13 Desember 2022   19:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Instagram klass1kangklung

SMPN 1 Karawang Barat merupakan salah satu pendidikan dengan jenjang SMP di Jalan Sukarja Jayalaksana Karawang Nagasari, Kec. Karawang Barat, Kab. Karawang, Jawa Barat. Dalam menjalankan kegiatannya, SMPN 1 Karawang Barat berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lokasi SMPN 1 Karawang Barat termasuk sekolah dipusat kota Karawang. Sekolah ini menjadi sorotan masyarakat umum karena tempat yang strategis yang memang berada ditengah-tengah kota Karawang .

Untuk mengembangkan potensi siswa dan siswi SMPN 1 Karawang Barat, diadakan berbagai ekstrakulikuler yang digunakan sebagai wadah penyalur bakat, minat, dan kegemaran siswa. Kegiatan ekstrakurikuler ini meliputi Kaligrafi, Qosidah, Marawis, Matematika, IPA, IPS, Bahasa Inggris, Drum Band, Angklung, Degung, Paduan Suara, Seni Tari, Mading/Jurnalistik, Paskibra, Pramuka, Senbid (Seni Bela Diri), Basket, Bola Volly, PMR, Band, Futsal, Kabaret, Robotic, dan Literasi. Tujuan diadakannya Ekstrakulikuler tersebut guna mengerucutkan dari tiap tiap bakat yang ada dari siswa siswi di SMPN 1 Karawang Barat.

Tiap-tiap sekolah yang ada pasti memiliki daya tarik dan juga keunikan dari tiap sekolahnya, salah satunya diantara sekolah yang lain SMPN 1 Karawang Barat memiliki ciri khas tertentu yaitu memiliki ekstrakulikuler Angklung yang memang sangat unggul daripada sekolah sekolah yang lain yang tidak memiliki ekstrakulikuler Angklung tersebut.

Ekstrakulikuler Angklung yang dimiliki oleh SMPN 1 Karawang Barat sejatinya sudah mendunia yang bukan hanya tingkat kabupaten, melainkan tingkat provinsi yang juga sudah sampai kepada tingkat dunia. Juga beberapa kali sudah terbukti dalam ranah nasional yang masuk ke dalam kategori juara 1 ketika diundang oleh Kementerian Luar Negeri atau Kementerian Pariwisata. SMPN 1 Karawang Barat pernah menampilkan Angklung nya pada 25 November Tahun 2017 Di Osaka Jepang, yang bertepatan dengan hari guru yang menampilkan kolosal Angklung sebanyak 200 anak pada kegiatan gebyar Expo proyek penguatan profil pelajar Pancasila.

Untuk menghasilkan atau membentuk dari tiap tiap karakter siswa siswi yang mengikuti kegiatan tersebut maka diperlukan pembinaan dan strategi untuk membentuk karakter. Karena kegiatan dari keunggulan sekolah ini adalah Angklung yang memang sebuah cerminan dari Keragaman Budaya Indonesia. Dan ketika Angklung dibawakan ke luar negeri, maka akan terlihat karakter yang membawakan seni Angklung tersebut pada saat penampilan.

"Atas dasar hal tersebut seluruh guru juga elemen masyarakat yang berada di sekolah sama-sama membangun kerjasama guna membentuk karakter yang tidak hanya bersifat dari guru Agama ataupun Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan tetapi setiap pembelajaran dimulai dari awal harus menerapkan nilai nilai intelektualitas dan juga spiritual", Ujar Bapak Romadhon, S.Pd.I sebagai bagian Kurikulum.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline