Lihat ke Halaman Asli

Michael Ng

Pelajar

Asal usul rumah sipitung dan kisahnya

Diperbarui: 6 Mei 2024   20:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Rumah sipitung merupakan suatu destinasi wisata yang terletak di Cilincing, Jakarta Utara. Rumah sipitung ini sudah berdiri sejak 1 abad yang lalu menggunakan kayu yang kuat, tapi bukan kayu jati. Destinasi wisata ini sudah di renovasi sejak 2020 dan dibuka 2023 desember sebagai destinasi wisata.

Tempat wisata rumah sipitung ini sebenarnya bukan dimiliki oleh si pitung, tetapi rumah ini dimiliki oleh Haji Safrudin yang dijadikan tempat untuk si pitung bersembunyi dari kolonial belanda. Sebenarnya kolonial belanda sudah pernah melihat pitung berada di dalam rumah ini, tetapi Haji Safrudin bukan orang bodoh yang menggunakan alasan klasik, dia memberitahu kalau rumahnya bukan menjadi tempat persembunyian si pitung dari kolonial belanda, namun Haji Safrudin mengatakan bahwa kedatangan pitung ini tidak diundang (pencuri).

Dulunya, untuk mencapai ke rumah sipitung ini, harus menggunakan perahu untuk menyebrangi sungai, tetapi karena sekarang sudah direnovasi, kita bisa mencapainya hanya dengan berjalan kaki. Alasan kenapa rumah si pitung ini banyak jendelanya adalah untuk sipitung memantau kolonial belanda dari dalam. Di tempat wisata ini, kita juga bisa melihat bentuk perahu yang digunakan untuk berlayar ke rumah Haji Safrudin / rumah si pitung.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline