Lihat ke Halaman Asli

Mia Susilawati

Mahasiswa UMY

KKN 057 UMY 2024: Peningkatan Kualitas UMKM di Dusun VIII Banaran, Kulon Progo, DIY

Diperbarui: 26 Februari 2024   23:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kegiatan Pengoptimalan Brand Awareness Dengan Foto Produk Yang Menarik Di Dusun VIII Banaran, Kulon Progo, DI Yogyakarta 

Pada tanggal 24 Januari 2024, kelompok 057 KKN Tematik Reguler UMY 2024 mengadakan program Peningkatan Kualitas UMKM Terkait Pemasaran Melalui Foto Produk Dan Brand Awareness Di Dusun VIII Banaran, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Foto merupakan bagian dari branding produk, suatu kemampuan branding yang memperkenalkan produk kepada konsumen melalui teknologi digital. Kebanyakan UMKM hanya fokus pada kegiatan produksi tanpa mempertimbangkan aspek merek. Hal ini disebabkan pelaku UMKM belum memahami manfaat branding melalui teknologi digital.

Brand Awareness atau kesadaran merek mengacu pada sejauh mana konsumen mengingat suatu merek atau masyarakat mengenali suatu merek dalam kondisi tertentu, yang dapat mendorong penjualan produk.

Hasil Poster Dari Pelatiahan Foto Produk 

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mereka melalui pendekatan yang kreatif dan efektif di Dusun 8 Banaran. Kegiatan ini berupa edukasi kepada pelaku UMKM di Dusun Banaran, sosialisasi dirangkaikan dengan proses pendampingan tentang foto produk ke pelaku UMKM untuk mengetahui pentingnya foto produk untuk mengoptimalkan brand awareness agar dapat menarik konsumen. Konten media yang menarik dapat membuat konsumen tertarik untuk melihat kemudian membeli. Pelaku UMKM didampingi dalam pembuatan konten media baik berupa teks maupun gambar, dengan adanya kesadaran terkait pentingnya konten media, diharapkan pelaku UMKM semakin dalam mempelajari pembuatan foto produk.

Dalam kegiatan perekonomian, masyarakat memegang peranan penting sebagai badan utama pembangunan ekonomi. Masyarakat berperan penting dalam pembangunan ekonomi, khususnya melalui pendirian usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk membangun tatanan perekonomian. Mesin utama pertumbuhan ekonomi Indonesia (UMKM) adalah pembentukan dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah. Pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) merupakan strategi yang digunakan di Indonesia untuk mengentaskan kemiskinan dan mendorong pemerataan pendapatan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline