Lihat ke Halaman Asli

Mia Supiyana

Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang

Kreatif! Mahasiswa PMM UMM Menciptakan Inovasi Budidaya Ikan Dalam Ember Minimalis, Praktis dan Ekonomis

Diperbarui: 3 Juli 2022   22:11

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Awal mula inovasi ini kami lakukan dalam rangka melakukan kegiatan wajib kampus yang banyak dikenal dengan sebutan pengabdian masyarakat muhammadyah tahun 2022 gelombang 5. Kami kelompok 11 dengan berangggotakan 4 orang mampu menciptakan inovasi dan terobosan dalam ruang lingkup budidaya ikan hanya dalam skala rumah tangga. 

Terciptanya ide tersebut dikarenakan kelompok kami ingin mencari solusi dan memecahkan masalah dalam segi budidaya yang tidak selalu dalam skala besar atau dengan kata lain memerlukan banyak pengorbanan yang besar didalamnya, oleh karna itu terciptanyalah ide untuk melakukan budidaya dalam ember dengan ruang lingkup skala rumah tangga yang tentu tidak butuh banyak tenaga, banyak biaya dan banyak lahan untuk merealisasikan ide dan gagasan ini.

Dokpri

Perlu diketahui bersama kegiatan ini kami lakukan atas dasar kepedulian kami kepada masyarakat untuk meningkatkan minat dalam budidaya dan konsumsi terhadap ikan. Budikdamber (budidaya ikan dalam ember) merupakan salah satu alternatif budidaya ikan yang lagi happening di masa sekarang ini. Budidamber ini merupakan metode budidaya ikan yang diterapkan untuk pemula. Teknik ini merupakan pengembagan dari aquaponik, yang mana ikan dan tanaman dapat tumbuh dalam satu wadah. Karena bisa menggabngkan tanaman dan budidaya ikan dalam satu wadah, budikdamber disebut – sebut sebagai solusi untuk masalah dalam budidaya tanaman dan ikan.

Prinsip pelaksanaan budikdamber sama dengan akuaponik yang menyinergikan antara budidaya tanaman dan ikan dalam satu wadah. Namun, budikdamber dilakukan dalam wadah yang lebih kecil menggunakan ember. Sehingga efisien bila ditempatkan di lahan sempit.
Selain efisien tempat, budikdamber juga hemat energi listrik dan ramah lingkungan karena tidak memerlukan tambahan pupuk selama pemeliharaannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline