Lihat ke Halaman Asli

Miarti Yoga

Konsultan Pengasuhan

Pengasuhan dan Rasa Bersalah yang Berlebihan

Diperbarui: 20 Desember 2020   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.alodokter.com

Tanpa sadar, kita pernah atau bahkan sering terjebak pada sebuah klaim atau argumen atau informasi yang kita sendiri belum menelusuri atau mengonfirmasinya lebih jauh. Sebagai contoh, marak dalam perbincangan atau dalam tulisan-tulisan atau dalam panggung-panggung seminar, terkait rusaknya bagian otak anak tersebab perlakuan kasar orang tua. Tak sedikit pula, orang tua yang kemudian berujung pada paranoid alias merasa cemas dengan sikap dan perlakuan salah yang telah diberikan pada anak.

Kerusakan otak, terputusnya jaringan-jaringan, dan atau argumen sejenis, sebaiknya memang kita pelajari ulang keabsahan informasinya. Kalaupun memang benar berdampak pada kerusakan, minimal kita dapat menelusuri tingkat sensitivitasnya. Artinya, apakah dengan satu kali peringatan saja langsung dapat memutuskan synap otak anak?

Berkenaan dengan hal tersebut, Wastell dan White (2012) menyampaikan argumennya dalam sebuah jurnal bahwa otak anak sebetulnya tidak mudah rusak, di mana keberadaanya dilindungi oleh organ-organ pelindung. Bahkan menurutnya, dengan terlalu berhati-hatinya kita berbicara dengan anak, cukup kontroversi dengan upaya kita dalam menegaskan disiplin. Namun tentu saja, apa yang disampaikan oleh Wastell dan White adalah sebuah koreksi terhadap neurosains, yang tidak berarti membelokkan cara pandang kita untuk boleh sesuka hati bersikap keras pada anak.

Selanjutnya, berbicara kerusakan otak pada anak, salah satunya bisa kita hubungkan dengan konteks child abuse. Child abuse memang ada dan bukan mengada-ada. Artinya, ragam kejadian di mana anak disiksa secara fisik maupun psikis, itu memang terjadi. Bahkan --naudzubillah-, perkosaan terhadap anak, itu memang ada. Pun sebagian ibu hamil yang berusaha menggugurkan kandungan dengan berbagai alasan, atau merasa tak ikhlas dengan kehamilannya, itu juga jelas ada.

Mencerna konteks "penyiksaan" di atas, cukup logis korelasinya terhadap perkembangan mental anak. Atau kalau dalam istilah orang Sunda, ada yang dikenal dengan istilah teunggar kalongeun. Artinya, sebuah kondisi di mana anak terganggu perkembangan sosial emosinya, disebabkan pengalaman pahit yang menderanya. Adapun ciri yang dapat diindera secara kasat mata yaitu berupa sikap minder, gugup, gagap, ragu, cemas, takut, dan sejenisnya.

Namun penting juga untuk kita pahami bahwa anak yang merupapakan korban "salah asuhan" itu sebetulnya bisa disembuhkan. Walaupun --tentu saja- butuh upaya yang tak sederhana. Minimal, kita bisa "merangkul" (menerima) anak tersebut sepenuh kasih sayang. Kita terima keberadaannya, kita berikan asupan optimisme, kita berikan padanya ruang untuk berkarya, dan seterusnya. Selanjutnya, upaya tersebut juga butuh waktu. Karena seorang anak dengan pengalaman yang menyakitkan, tentu memikul dampak yang tak biasa. Namun sekali lagi, ini tentang upaya. Upaya itu idealnya berbanding lurus dengan keyakinan.

Adapun hubungannya dengan konteks pengasuhan yang kita hadapi, contoh "ekstrem" di atas tidak dalam rangka meremehkan kesalahan kita dalam proses mengasuh buah hati, melainkan bagaimana kita fokus pada solusi. Bukan pula menjadi sebuah pembolehan untuk kita mengulangi kesalahan asuhan, melainkan bagaimana kita mampu seimbang menyikapi. Artinya, kita sepenuh sadar mengakui apa yang salah dengan apa yang telah kita lakukan, di saat yang sama kita berupaya berdarkan keilmuan dan teknik-tekniknya.

Mengapa demikian? Karena tugas kita sebagai manusia adalah untuk move on. Bukan untuk "baper" dan bangga memikul masalah. Bukan pula untuk bersikap kaburo maqtan, di mana kita begitu powerful menggunakan otoritas tanpa menakar keadilan. Contohnya, menyuruh anak untuk sabar dengan nada bicara sewot, menyuruh anak untuk mengaji di saat kita "anteng" main HP, atau menyuruh anak untuk belajar di saat kita asyik bergosip.

Berbicara pengasuhan, pada akhirnya memang berbicara keseimbangan. Atau mungkin berbicara implikasi. Artinya, bagaimana kita seimbang dalam muhasabah dan upaya perbaikan, bagaimana kita semangat belajar dan membelajarkan, serta bagaimana kita mampu menuntut diri kita sendiri sebelum kita menuntut anak-anak.

Wallohu'alam bishshowaab.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline