Lihat ke Halaman Asli

Mia NurSabnah

Mahasiswa

Pendapatan Nasional dalam Ekonomi Makro

Diperbarui: 22 Mei 2023   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

A. Pengertian Pendapatan Nasional
Pendapatan nasional adalah jumlah akhir barang dan jasa yang diproduksi oleh suatu perekonomian dalam suatu periode waktu tertentu, yang dihitung berdasarkan nilai pasar. Pendapatan nasional merupakan "akuan pemilikan (claims) atas hasil-hasil produksi. Istilah pendapatan nasional digunakan jika fokus utama adalah pendapatan yang diterima atas seluruh hasil produksi tersebut.

Untuk mengetahui besarnya output suatu negara dapat dilakukan dengan menjumlahkan semua barang-barang dan jasa yang dihasilkan oleh perekonomian negara yang bersangkutan. Sedangkan untuk mengetahui nilai dari output nasional dapat dilakukan dengan mengalikan tiap komoditas yang dihasilkan dengan harga-harganya masing-masing. Begitu juga untuk mengetahui besarnya pendapatan nasional suatu negara dapat dilakukan dengan menjumlahkan pendapatan tiap orang yang ada di negara tersebut.

Produk Domestik Bruto ( gross domestik produk, GDP)
Produk Domestik Bruto ( gross domestik produk, GDP) untuk  mengukur pendapatan setiap orang dalam perekonomian dan pengeluaran total terhadap output barang dan jasa perekonomian.
GDP nominal menilai barang dan jasa pada harga berlaku.

GDP rill menilai barang dan jasa pada harga konstan. GDP rill meningkat jika jumlah barang dan jasa meningkat, sedangkan GDP nominal bisa meningkat karena output naik atau karena harga meningkat.
GDP adalah jumlah empat kelompok pengeluaran : konsumsi, investasi, pembelian pemerintah dan ekspor netto.
Deflator GDP adalah ukuran tingkat harga yang dihitung sebagai ratio GDP nominal terhadap GDP rill dikali 100.

Produk Nasional Bruto (gross national produk, GNP)

Produk Nasional Bruto atau PNB adalah hasil perhitungan dari pendapatan nasional dengan dasar metode pengeluaran. PNB adalah bagian konsep national income, di mana perhitungannya dilakukan dengan pendekatan pengeluaran yang didapat dari penjumlahan semua pengeluaran masyarakat pada perekonomian, perusahaan atau investasi, sektor konsumen, pemerintah serta perdagangan luar negeri.  Pengertian lain dari PNB adalah jumlah atau total dari nilai moneter produk maupun jasa yang diproduksi atau dihasilkan oleh masyarakat di sebuah negara

Perbedaan PNB dan PDB

• Produk Nasional Bruto (PNB/GNP) yaitu Produk Nasional yang di wujudkan oleh faktor-faktor produksi milik warga di suatu negara.
• Produk Domestik Bruto (PDB/GDP) yaitu Produk Nasional yang diwujudkan oleh faktor-faktor produksi di dalam negeri (milik WNI-WNA) dalam suatu negara.
Keduanya merupakan ukuran mengenai besarnya kemampuan suatu negara untuk menghasilkan barang dan jasa dalam satu tahun tertentu.

Untuk mengetahui lebih lanjut, ada tiga pendekatan yang dapat digunakan untuk menghitung Pendapatan Nasional, yaitu dengan Pendekatan Produksi (Production Approach), Pendekatan Pendapatan (Income Approach), dan Pendapatan Pengeluaran (Expenditure Approach), yang kadang-kadang juga disebut Pendekatan Konsumsi (Consumption Approach).

• Pendekatan Produksi (Production Approach)

Dengan pendekatan produksi, pendapatan nasional diperoleh dengan menjumlahkan nilai produksi barang-barang dan jasa yang diciptakan oleh semua sektor ekonomi, yang dihitung menurut harta faktor-faktor produksi yang digunakan dalam tiap proses produksi selama jangka waktu tertentu (biasanya 1 tahun).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline