Lihat ke Halaman Asli

Mia April

Mia April

E-commerce dalam Meningkatkan Perekonomian di Masa Pandemi

Diperbarui: 14 Januari 2022   13:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Pendahuluan  :
Pada era digital, kemajuan teknologi tidak bisa kita hindari. Kemajuan teknologi ini bisa membantu segala aktifitas manusia seperti menjadi lebih mudah,praktis bahkan cepat. 

Pada masa sekarang semua orang tidak bisa lepas dari teknologi khususnya telepone genggam yang terhubung pada internet. Kecanggihan internet memberikan banyak dampak pada aspek kehidupan salah satunya aspek ekonomi. Melalui perangkat tersebut banyak hal yang bisa dilakukan salah satunya transaksi jual-beli secara online atau e-commerce.

Pengertian e-commerce adalah suatu kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perseorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik,pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui jaringan internet.  E-commerce juga sering diartikan sebagai suatu media online yang berkaitan dengan transaksi jual-beli serta pemasaran suatu barang atau jasa. Di Indonesia peminat e-commerce sudah banyak namun, angka minatnya naik drastis semenjak adanya wabah Covid-19.

Sejak adanya wabah Covid-19, semua kegiatan masyarakat dan pemerintah terbatas. Peningkatan wabah virus terjadi menyebabkan krisis kesehatan, menghambat pembangunan dan pastinya menghambat perekonomian. Penghambatan dalam perekonomian karena terjadi ketidakseimbangan rantai ekonomi antara pemasokan barang, produsen, distributor hingga konsumen karena semua aktivitas terbatas. Namun, kegiatan e-commerce ternyata menjadi solusi dibidang perekonomian pada masa pandemi.

Pembahasan :
Covid-19 yang sedang melanda seluruh dunia, menciptakan kekrisisan dari mulai kesehatan hingga perekonomian. Pada masa pandemi ini, semua aktivitas sangat dibatasi termasuk pada kinerja perekonomian seperti keterbatasan dalam pemasokan barang, kegiatan produksi, kegiatan distribusi memberi dampak yang buruk. 

Pandemi ini menimbulkan economi shock, yang mempengaruhi ekonomi perorangan, rumah tangga, perusahaan mikro, kecil, menengah maupun besar, bahkan mempengaruhi ekonomi negara dengan skala cakupan dari lokal, nasional, bahkan global. 

Kebijakan PSBB untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 juga menyebabkan terbatasannya mobilitas dan aktivitas masyarakat yang berdampak pada penurunan permintaan domestik. Penghasilan masyarakat yang menurun karena pandemi menyebabkan sebagian besar sektor usaha mengurangi aktivitasnya atau malah tutup total. Angka pengangguran juga ikut meningkat dari kejadian tersebut.

Pada era digital seperti sekarang, kecanggihan teknologi bisa kita manfaatkan seperti melakukan perdagangan online (e-commerce). E-commerce adalah suatu kumpulan teknologi, aplikasi, dan bisnis yang menghubungkan perusahaan atau perorangan sebagai konsumen untuk melakukan transaksi elektronik, pertukaran barang, dan pertukaran informasi melalui jaringan internet. 

Ecomerce dimulai sejak tahun 1955 di mana salah satu portal internet pertama bernama Netscape.com menerima iklan pertama di perusahaan utama dan mempopulerkan bahwa Web bisa digunakan sebagai media baru untuk iklan dan penjualan. E-commerce terus tumbuh hingga resesi tahun 2000 809 di mana pertumbuhan perekonomian sangat lamban. 

Namun faktanya, e-commerce adalah salah satu bisnis ritel yang relatif stabil. Dibuktikan pada tahun 2012, e-commerce terus menanjak dengan jumlah pembeli online meningkat sebesar 5% dan jumlah transaksi online meningkat 7%.

Kegiatan ini sudah sangat tidak asing lagi di Indonesia bahkan e-commerce sudah ada sebelum adanya pandemi covid-19 ini. Namun, ketika terjadi pandemi angka pengguna e-commerce meningkat drastis. Pasalnya seseorang bisa membeli dan mendapatkan sesuatu hanya dengan melalui internet tanpa harus bertemu langsung. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline