Lihat ke Halaman Asli

mia ajunda

mahasiswa dengan segudang keraguan

Pemahaman dan Pendampingan Mengenai Ilmu Branding Guna Meningkatkan Penjualan UMKM di Desa Majakerta

Diperbarui: 14 Februari 2024   19:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Pemalang (9/02/2024)    Sebagai upaya mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro Tahun 2023/2024 dari Desa Majakerta, Kecamatan Watukumpul berupaya untuk meningkatkan pemahaman mengenai ilmu branding guna meningkatkan penjualan UMKM di Desa Majakerta . Peningkatan branding dapat meningkatkan penjualan UMKM karena maka dari itu pelatihan serta pendampingan mengenai ilmu branding sangatlah penting. Branding yang baik akan membangun reputasi terhadap umkm tersebut yang mana dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terharap pelaku usaha yang ada.

Gambar 1. Penyuluhan ilmu branding

Pada hari Rabu, 31 Januari 2024 di Desa Majakerta telah terlaksana pengedukasian mengenai ilmu branding guna meningkatkan penjualan UMKM di Desa Majakerta. Penyuluhan tersebut secara langsung dengan memberikan penjelasan tentang pentingnya penggunaan banner, stike label produk dengan harapan meningkatan dan memperluas dari produk tersebut. Kegiatan tersebut dilaksanakan secara door to door dengan harapan memberikan kedekatan dan pemahaman secara baik. Dimana respon mereka sangatlah antusias terhadap adanya penyuluhan dan pengedukasian ini.

mono-apid-3-65cca9cfde948f057d141484.png

Gambar 2. Banner dan stiker produk UMKM Bu Riah

Banner yang berisi logo, foto produk dan juga tag line sebagai branding yang kuat agar minat pembeli semakin tinggi. Selanjutnya, adanya stiker juga memperkuat branding pada kemasan yang mana akan memberikan interest terhadap produk yang mana diharapkan akan meningkatkan penjualan. Tujuannya pembagian adalah memberikan panduan serta keberlanjutan dari penggunaan banner dan stiker logo yang diharapkan diterapkan untuk produk-produk pada UMKM tersebut.

Upaya pengedukasian tersebut untuk meningkatkan pemahaman branding untuk produk-produk UMKM. Keadaan dimana banyak sekali UMKM yang banyak menyampingkan ilmu branding yang tidak diterapkan. Majukan UMKM dengan meningkatkan branding!

Penulis : Muhammad Hafizd Fatahillah (Akuntansi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro)

Lokasi KKN : Desa Majakerta, Kecamatan Watukumpul, Pemalang

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline