Lihat ke Halaman Asli

mia ajunda

mahasiswa dengan segudang keraguan

Pemanfaatan Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM di Desa Sima, Kec. Moga, Kab. Pemalang

Diperbarui: 10 Februari 2024   04:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Kegiataan Kunjungan ke UMKM Terpilih Teh Cocong Khas Desa Sima

Pemalang (8/2/2024) -- Selamat datang di wadah kreatif dan penuh aksi untuk UMKM! Mahasiswa KKN Tim 1 Unversitas Diponegoro Tahun 2023/2024 dalam upaya mendukung kerberlanjutan digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan terutama dalam pemanfaatan digitalisasi untuk UMKM di Desa Sima. Dalam hal tersebut untuk menjalankan program kerja yang difokuskan untuk mengedukasi masyrakat pelaku UMKM serta perangkat Desa Sima guna pemanfaatan digitalisasi sebagai sarana promosi pelaku UMKM di Desa Sima.

Rendahnya pengembangan pemasaran produk pada UMKM dalam berbagai aspek. Salah satunya yaitu fasilitas (Platform) dan branding media sosial masih menjadi kendala. Mengoptimalkan fasilitas yang ada serta branding media sosial diharapkan akan memperkenalkan dan mengembangkan pemasaran produk UMKM tersebut kepada masyarakat yang lebih luas. Dengan memberikan edukasi, pelatihan, serta promosi pada program kerja ini akan dilakukan penyuluhan dan pemaksimalan penggunaan media sosial seperti Instagram dalam upaya peningkatan branding dan omzet penjualan pelaku UMKM di Desa Sima.

UMKM pertama yang terpilih untuk mengawali digitalisasi pemasaran produk dalam program kerja kali ini adalah UMKM Teh Cocong khas Desa Sima yang berada di Dusun Tretep. Dimana, langkah awal adalah sosialisasi ke perangkat desa guna memaparkan program kerja yang dilanjutkan kunjungan pelaku UMKM (Teh Cocong Khas Sima). Pada Kunjungan tersebut bertujuan untuk pemaparan program kerja dan periizinan ke pelaku UMKM (Teh Cocong Khas Desa Sima) untuk pengembangan pemasaran produk di media sosial

Gambar 2. Pemaparan Hasil Program Kerja, Pemaparan Akun serta Edukasi Pengelolaan Media Sosial ke Perangkat Desa

Setelah berbagai rangkaian kegiatan pada Rabu, 7 Februari 2024, di Balai Desa Sima, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang terlah terlaksanan pelaksanaan pemaparan hasil program kerja, pemaparan akun serta edukasi pengelolaan media sosial (instgram) untuk keberlanjutan akun promosi UMKM di Desa Sima. Sasaran dalam edukasi ini merupakan perangkat desa yang menjadi tonggak keberlanjutan sebagai pemegang akun media sosial UMKM di Desa Sima. Dalam forum ini dihadiri oleh 12 orang dari perangkat desa terkait.

UMKM di Desa Sima, Kec. Moga, Kab. Pemalang

Gambar 3. POM KUDES (Pusat Omah Kreatif UMKM Desa Sima) akun instragam untuk UMKM Desa Sima & Video Produk Teh Cocong Khas Desa Sima

POM KUDES atau Pusat Omah Kreatif UMKM Desa Sima menjadi sebutan khusus untuk branding UMKM yang berada di Desa Sima. Harapan untuk kedepannya, akun media sosial (instagram) tersebut dapat mengoptimalkan promosi serta omzet penjualan UMKM di Desa sima. Berikut link akun: https://www.instagram.com/umkmdesasima/

Penulis: Abdiella Subhan, Faishal Prasetyo Adinugroho, Gevin Faza Qinthara, Grahito Wisnugraha, Mia Ajundasari, Wardatuf Diana, Widya Az Zahra, Zuhal Pranedya Diorigel (Tim 1 KKN Undip Tahun 2023/2024 Desa Sima, Kec. Moga, Kab Pemalang)

Lokasi KKN: Desa Sima, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline