Lihat ke Halaman Asli

Mia Agusetiani

Mahasiswa Universitas Pamulang

Penerapan Sistem Pengendalian Manajemen Kantor Akuntan Publik

Diperbarui: 7 Juni 2024   17:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Kantor Akuntan Publik (KAP) Heliantono dan Rekan menyediakan layanan yang terkait dengan akuntansi, audit dan asuransi, konsultasi manajemen, penyediaan sistem informasi akuntansi dan manajemen, serta jasa perpajakan.

Saat ini, KAP Heliantono dan Rekan telah memiliki beberapa cabang yang berlokasi di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Sidoarjo. KAP Heliantono dan Rekan memiliki sumber daya manusia yang terdiri dari 41 rekan, lebih dari 20 manajer, lebih dari 200 senior dan junior auditor, serta lebih dari 30 karyawan pendukung. Pada tanggal 3 Mei 2001, KAP Heliantono dan Rekan memperbaharui lisensi usaha dari Menteri Keuangan Republik Indonesia dan telah berafiliasi dengan Badan Akuntan Publik Britania, Parker Russell International.

Dalam menjalankan usahanya, KAP Heliantono dan Rekan memiliki nilai-nilai utama yang terdiri dari kejujuran, keahlian, dan kepedulian.

Penerimaan dan Keberlanjutan Hubungan dan Perikatan Tertentu

Penerimaan dan Keberlanjutan

1.KAP Heliantono & Rekan hanya menerima penugasan baru atau terus melanjutkan perikatan hanya ketika KAP Heliantono & Rekan mempunyai kapabilitas, termasuk wakiu dan sumber daya untuk melaksanakan perikatan.

2.KAP Heliantono & Rekan hanya menerima penugasan baru atau terus melanjutkan perikatan hanya ketika KAP Heliantono & Rekan mampu mematuhi persyaratan etika dan telah mempertimbangkan integitas (calon)  klien dan tidak terdapat informasi yang menyimpulkan klien atau (calon) diragukan integritasnya.

Kebijakan Klien Baru

1. AP harus melakukan evaluasi terrhadap calon klien baru, evaluasi tersebut mencakup :Penilaian Resiko yang terkait dengan klien Wawancara dengan pihak ketiga dan personel yang tepat (termasuk KAP sebelumnya)

2.AP harus melakukan penelitian latar belakang klien seperti pencarian dalam website yang mungkin tersedia.

3.AP harus memenuhi semua persyaratan etika (termasuk komunikasi dengan auditor terdahulu jika dipersyaratkan oleh asosiasi profesi atau kode etik)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline