Lihat ke Halaman Asli

Pesantren SD YPI Hayatinnur Gelar Wisuda Al-Qur'an

Diperbarui: 3 Juli 2024   13:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

face book sd it bina insani muslim

Yayasan Pendidikan Islam Hayatinnur Jatimulya Kab Bekasi hari Sabtu  (15/6/2024) mengadakan Wisuda Al-Qur'an dan Purna Siswa  angkatan Ke-2  (Sekolah Dasar Islam Terpadu  Bina Insani Muslim ) dan angkatan ke-8 (Raudhatul Athfal) yang berlangsung di Auditorium Trisakti School of Management (TSM)  Bekasi.
Bertema "Tetaplah Mengaji Al-Qur'an Dimanapun Kau Berada" acara Wisuda Al Qur'an dan Purna Siswa  kali ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh oleh SDIT BIM yakni Miss Nazriyah seorang guru yang menempuh S2 di Universitas Islam 45 Bekasi. Kegiatan dilanjutkan dengan beberapa penampilan dari para murid dan wisudawan-wisudawati, juga sambutan serta tausiyah agama, kemudian acara inti prosesi wisuda bagi para siswa-siswi RA dan SD IT BIM, dan diakhiri dengan doa.

Ketua Yayasan Dr. Zainal Arifin Madzkur  juga  PNS Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an (LPMQ) Kemenag RI  Dalam sambutannya, mengatakan bahwa ada peningkatan jumlah peserta dalam penyelenggaraan wisuda Al-Quran tahun ini
"Pada tahun lalu yang menjadi peserta wisuda kurang lebih 40 orang, dengan izin Allah, tahun ini yang menjadi peserta wisuda sebanyak 60 orang. Jika pada tahun sebelumnya yang menjadi target wisuda Al-Quran dari SD IT Bina Insani Muslim adalah mampu menghapal hingga 6 juz ( juz 30, 29, 28 dan juz 1-3 ), tahun ini  alhamdulilah target sampai 9 juz ( juz 30, 29, 28 dan juz 1 - 6), kami harapkan ke depannya target ini terus bertambah dan banyak dari siswa/siswi SD IT yang mengikuti acara ini.  

Menyinggung tema " Tetaplah Mengaji Al-Qur'an Dimanapun Kau Berada ", Kepala Sekolah SD IT BIM Ibu Susanti, S.Pdi  mengatakan hal itu di latar belakangi oleh keprihatinan mereka sebagai orang tua melihat anak-anak yang lebih cinta gadget dibanding mengaji Al-Qur'an. "Kalau sudah tidak sekolah SD IT, mengaji itu sesuatu yang jarang dilakukan". Padahal  Al-Qur'an membantu kita menjadi pribadi yang tangguh dan berkarakter.  Kepala sekolah pun diakhir sambutannya berpantun  "Merpati terbang jangan heran, Sayap kecil ia kepakan. Mari kita pelajari Al Quran, agar hidup sesuai tujuan.

Demikian juga dengan Al-Qur'an maka cita-cita akan tergapai, karena banyak sekali lembaga yang  membuka kesempatan beasiswa  bagi para tahfidz qur'an. ini dikatakan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bekasi, HM Samsul Bahri pada acara kemarin.

Dr. Abdul Khoir HS, M.Pd selaku Warek III UNISMA Bekasi pun, mengapresiasi siswa/i  SD IT BIM yang masih kecil sudah terlatih dengan menghafal Al-Quran, pembelajaran Al-Qur'an menjadi salah satu program yang bisa dijadikan acuan pada era sekarang ini. Seorang penghafal Al-Qur'an membuktikan bahwa bukan hanya dunia yang harus dikejar namun juga diselaraskan dengan kecintaan kita kepada akhirat. Pembelajaran Al-Quran bukan hanya tentang menghafal.  tapi diharapkan juga menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran yang akan terlihat dalam sikap dan aktivitas peserta didik di mana pun dia berada.  

Mengakhiri acara Wisuda Al-Qur'an dan Purna Siswa, Pembina YPI Hayatinnur, alumni Unisma tahun 2004, M. Hafidz Alkaromi, S.Ip menutup acara ini dengan doa. Dan " Selamat untuk pencapaian besarmu Nak! Kelulusan SD adalah awal dari petualangan baru yang menarik".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline