Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa Pendidikan Geografi UM Lakukan Sosialisasi "Mitigasi Bencana Gempa Bumi" terhadap Siswa-Siswi SDN 01 Bandungrejo

Diperbarui: 26 April 2023   01:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Selasa, 11 April 2023 - Mahasiswa S1 Pendidikan Geografi dari Universitas Negeri Malang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi mitigasi bencana alam gempa bumi di SDN 01 Bandungrejo, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa-siswi kelas empat (4) beserta guru dari SDN 01 Bandungrejo.

Siswa sekolah dasar (SD) dipilih menjadi sasaran utama kegiatan ini dikarenakan anak-anak SD dinilai memiliki tingkat kerentanan lebih besar terhadap bencana alam, sekaligus memiliki pengetahuan dan pemahaman yang minim terkait mitigasi bencana alam apabila dibandingkan dengan siswa jenjang sekolah SMP - SMA. Selanjutnya, dipilihnya SDN 01 Bandungrejo menjadi lokasi kegiatan sosialisasi, karena letak SD tersebut yang berada di wilayah rawan bencana gempa bumi.

Dokpri

Dokpri

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang mitigais bencana alam gempa bumi kepada siswa-siswi, sebagai bekal untuk diimplementasikan apabila suatu saat menghadapi situasi dimana bencana alam gempa bumi terjadi. 

Kegiatan dilaksanakan dalam beberapa rangkaian acara, di antaranya adalah perkenalan, penyampaian materi melalui media power point dan poster, ice breaking dengan menyanyikan lagu mitigasi bencana alam gempa bumi, tanya jawab berhadiah, simulasi bencana, dan ditutup dengan foto bersama. 

YUK Simak keseruan kegiatan sosialisasi kami disini!!


Dalam penyampaian materi, mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Malang menyampaikan tentang penanganan dan mitigasi bencana alam gempa bumi, termasuk langkah-langkah yang perlu diambil untuk mengurangi risiko bencana tersebut. Seluruh siswa-siswi SDN 01 Bandungrejo sangat antusias dalam menyimak materi yang dibawakan dan terlihat senang dan nyaman untuk berekspresi di dalam kelas, sehingga suasana kelas menjadi hangat dan menyenangkan.

Dokpri

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan simulasi bencana alam gempa bumi, di mana siswa-siswi SDN 01 Bandungrejo belajar tentang tindakan yang perlu diambil dalam situasi darurat. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline