Pernahkan anda menyadari bahwa branding merupakan salah satu faktor yang cukup signifikan bagi pelanggan dalam memutuskan untuk membeli sesuatu?
Proses branding itu sendiri merupakan sebuah upaya untuk membentuk citra dan rasa keterikatan secara emosional antara pelanggan dengan merk produk serta perusahaannya dan juga upaya untuk membedakan diri dari pesaing. Upaya-upaya tersebut meliputi proses kreatif seperti pembuatan logo, penentuan slogan, mendefinisikan pesan yang hendak disampaikan, mengintegrasikan merk dengan kegiatan usaha, dan berbagai kegiatan kreatif lainnya yang bertujuan untuk membentuk persepsi pelanggan.
Tidak dapat dipungkiri bahwa setiap produk bermutu tinggi atau perusahaan yang bonafid selalu terkait dengan merk yang menarik, unik dan gampang untuk diingat. Dengan kata lain, kebanyakan bisnis-bisnis besar yang sukses berhasil menciptakan proses branding yang mampu menciptakan persepsi pada pelanggan untuk mengasosiasikan sebuah produk atau jasa tertentu terhadap sebuah merk.
Lantas, mengapa branding begitu penting bagi bisnis anda terutama para pengusaha pemula? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, lima poin berikut bisa menjadi acuan yang tepat:
1. Branding bisa menyampaikan pesan dengan jelas
Disini komunikasi memegang peranan yang cukup vital untuk menyampaikan pesan merk anda kepada para pelanggan.
Proses branding itu sendiri dalam hal ini merupakan sebuah metode komunikasi yang baik dan terarah. Sebuah merk yang baik mampu menyampaikan manfaatnya dengan jelas kepada pelanggan tanpa harus melibatkan proses periklanan yang cukup mahal.
Karenanya saat pelanggan menggunakan merk produk anda, mereka berharap bahwa merk itu mampu memberikan solusi bagi permasalahan yang mereka hadapi. Sebab itu, saat membangun merk anda harus menentukan dimuka pesan seperti apa yang hendak disampaikan kepada pelanggan saat mereka menggunakan merk produk yang anda tawarkan.
Komunikasi yang baik merupakan salah satu elemen penting dalam proses branding untuk mengkomunikasikan manfaat merk terhadap para pelanggan dengan jelas.
2. Membentuk kredibilitas
Apa yang diharapkan oleh pelanggan saat mereka memutuskan untuk membeli produk anda dibanding membeli produk pesaing? Sederhana. Mereka berharap produk anda mampu memberikan solusi yang mereka harapkan, walaupun mungkin produk pesaing juga mampu memberikan hal yang sama.