Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Satria

Mahasiswa Baru

Optimalisasi Potensi Lokal dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Perekonomian, Pendidikan, dan Pencegahan Stunting

Diperbarui: 11 September 2024   16:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Produksi UMKM Abon Ikan Marlin  | sumber foto: instagram@kkn.palabuhanratu

sPengabdian kepada masyarakat sebagaimana tertuang dalam salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas, tanpa mengharapakan imbalan dalam bentuk apapun. Secara umum, program ini dirancang oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa, khususnya dalam mendorong kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia. 

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di lingkungan masyarakat, yang secara langsung bersama- sama dengan masyarakat mengidentifikasi potensi dan menangani beberapa rumusan masalah yang ada di Kelurahan. Sehingga diharapkan mampu mengembangkan potensi desa/daerah dan menemukan solusi untuk masalah yang ada di Kelurahan.

Universitas Nusa Putra pada tahun ini menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di beberapa kecamatan di Kabupaten Sukabumi yaitu Kecamatan Cisaat, Kecamatan Cisolok, Kecamatan Cikakak dan Kecamatan Palabuhanratu. Pada tahun ini kami di tempatkan di Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu selama 1 bulan. 

Beberapa rumusan masalah yang ada di Kelurahan Palabuhanratu yaitu (1) Pengelolaan keuangan pengusaha UMKM yang belum efektif dan pasar penjualan belum luas. (2) Kurangnya fasilitas ruang kelas di SDN Cipatuguran. (3) Angka stunting yang masih tinggi dan Pemberian Makanan Tambahan yang kurang gizi. (4) Kurangnya kesadaran masyarakat mengenai kebersihan lingkungan.

Dengan begitu, program KKN yang kami jalankan selama 1 bulan di Kelurahan Palabuhanratu untuk mengatasi beberapa rumusan masalah yaitu sebagai berikut:

Peningkatan UMKM

Dalam peningkatan UMKM, Abon Ikan Marlin menjadi sasaran dalam pemberdayaan peningkatan usaha UMKM. Dalam hal ini, kami membantu dalam hal manajemen pengelolaan keuangan dan juga membantu dalam perluasan pasar penjualan melalui sosial media, kami ingin meningkatkan usaha tersebut agar dalam pengelolaan usaha Abon Ikan Marlin dapat tercapainya efisiensi dan efektivitas.

Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar mengajar, SDN Cipatuguran menjadi sasaran dalam meningkatkan kemampuan numerasi dan literasi siswa serta menambahkan nilai nilai etika dan moral yang baik di lingkungan sekolah. Program ini penting karena rendahnya kemampuan literasi dan numerasi yang dapat mempengaruhi prestasi akademik siswa serta perlunya pendidikan karakter untuk membentuk pribadi yang baik dan bertanggung jawab.

Dokumentasi  Belajar Mengajar | sumber foto: instagram@kkn.palabuhanratu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline