Lihat ke Halaman Asli

M. Helmi Hariadi

[Pendidik | Tenaga Laboratorium IPA | Fisika - Pendidikan Fisika - Pendidikan IPA - Laboratorium IPA ] [Lombok - Jogja | Pencinta Ilmu | Anak Indonesia | Beriman, Belajar, dan Berkarya | Sinari Penjuru ]

Dekat dengan Fisika: Pengukuran, Pentingkah?

Diperbarui: 31 Mei 2021   12:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pengukuran, sumber: kompas.com

"Pengukuran secara sederhana kita fahami sebagai melakukan kegiatan mengukur sesuatu. Jika ada yang bertanya mengukur itu apa? Bagaimana fisika membahasakannya?"

Siapa diantara kita yang belum pernah melakukan pengukuran? Kiranya tidak ada yang belum pernah melakukannya, apapun yang diukur dan berapapun ukurannya, pastinya kita pernah menghasilkan angka hasil pengukuran. Sahabat masih ingat dengan kalimat berikut ini?

Jaga jarak fisik minimal 2 meter

Kalimat tersebut seringkali kita dengarkan ataupun kita ungkapkan saat pandemi Covid-19 ini, bukankah demikian? Bisa juga kita mengatakan lokasi suatu tempat, biasanya bagi yang menunjukkan jalan. Ada yang dengan acuan berapa rumah, ada pula yang menyebut dengan ukuran perkiraan berapa meter atau berapa kilometer.

Hal-hal itu seringkali kita lakukan, tetapi kita tidak sadar bahwa itu menjadi bukti bahwa kita telah melakukan pengukuran. Lalu apakah pengukuran itu hanya cukup dipahami sampai disana? Yuukkk kita lanjutkan kembali!

Baca juga : Arti Penting Kalibrasi dalam Dunia Pengukuran

Pengukuran secara sederhana kita fahami sebagai melakukan kegiatan mengukur sesuatu. Jika ada yang bertanya mengukur itu apa? Bagaimana fisika membahasakannya?

Mengukur menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti "menghitung ukurannya" dan "menilai mutu dengan cara membandingkan, menguji, mencoba, mengira, dan sebagainya". Jika diterapkan dalam istilah, misalnya mengukur jalan, artinya melakukan kegiatan mengitung ukuran jalan.

Fisika menyajikan makna yang lebih tepat tetapi mencakup keseluruhan. Dalam bahasa fisika, mengukur adalah membandingkan suatu besaran dengan satuan. Istilah besaran dan satuan dinyatakan sebagai berikut.

Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur dan nilainya dinyatakan dengan angka.

Misalnya: jarak, waktu, suhu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline