Lihat ke Halaman Asli

mherizal

mahasiswa

KKN STMIK Nusa Mandiri: Pengembangan Usaha Baru bagi Warga di Era Pandemi pada Perumahaan Duta Mekar Asri Cileungsi Bogor

Diperbarui: 4 Desember 2020   16:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Peserta KKN Pengembangan Usaha Baru Di Era pandemi (Dokpri)

Pelaksanaan KKN daring perdana di STMIK NUSA MANDIRI ini dilakukan sebagai bentuk penyesuaian terhadap pandemi covid-19 yang masih berlangsung. Seluruh mahasiswa yang mengikuti KKN daring akan menjalankan program dengan tema KKN Pengembangan usaha baru bagi warga di era pandemic pada Perum.Duta Mekar Asri, Cileungsi Bogor, mulai 7 November 2020.

Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) STMIK NUSA MANDIRI menjadi salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa NUSA MANDIRI Maka untuk mencapai kelulusan. Hal ini mengharuskan mahasiswa yang melaksanakan KKN daring memaksimalkan teknologi yang ada untuk mencari informasi dan berinteraksi dengan Warga Perum.Duta Mekar Asri, Cileungsi Bogor. Selama ini kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di STMIK NUSA MANDIRI mengharuskan mahasiswa berbaur dengan Warga Perum.Duta Mekar Asri, Cileungsi Bogor. Namun di masa pandemi ini, mereka diharuskan melaksanakan kegiatan secara online.

kelebihan terbesar dari KKN secara daring ini adalah penghematan biaya yang dihasilkan. Selain itu, KKN daring juga memudahkan mahasiswa untuk mengerjakan program kerja dan membuat Artikel. KKN daring juga dirasa lebih fleksibel karena dapat dikerjakan di rumah sambil mengerjakan hal lain. Sayangnya, KKN secara daring juga menghadapi beberapa masalah seperti, kesulitan berkomunikasi dengan warga Perum.Duta Mekar Asri, Cileungsi Bogor di lokasi KKN sehingga sering muncul kesalahpahaman.

Permasalahan yang ada pada Warga ini adalah kondisi pandemi saat ini yang memaksa mereka untuk melakukan kegiatan seperti Membangun sistem jaringan komunikasi, informasi, dan kemitraan strategis, yang mendukung pelaksanaan aktivitas-aktivitas utama dengan berbagai sektor dan komponen masyarakat. Selain sulitnya berkomunikasi dengan Warga Perum.Duta Mekar Asri, Cileungsi Bogor, mahasiswa juga merasa sulit mengidentifikasi masalah di lokasi KKN, yang kemudian memengaruhi efektivitas program kegiatan.

Ada pula pendapat bahwa mahasiswa terkendala internet dan teknologi. Selain itu, masih banyak mahasiswa yang merasa sulit berkoordinasi dengan anggota satu unit.Dengan kondisi sekarang ini yang lagi tertimpa wabah Covid-19. Jika dapat ditarik kesimpulan dari berbagai kekurangan KKN daring, itu adalah bahwa mahasiswa merasa tujuan pemberdayaan masyarakat yang seharusnya menjadi intisari kegiatan KKN-PPM kurang tercapai. Kesulitan berkomunikasi ini, ditambah akses sangat terbatas ke lokasi sasaran, membuat mahasiswa kesulitan menentukan program kerja efektif yang dapat memberi dampak pada lokasi sasaran

Dokpri

Pemilihan program kerja KKN berupa Pengembangan usaha baru bagi warga di era pandemic pada Perum.Duta Mekar Asri, Cileungsi Bogor. Banyak dari peserta kegiatan KKN ini adalah Warga Perum.Duta Mekar Asri, Cileungsi Bogor yang masih berstatus belum bekerja. Dalam kegiatan KKN ini yang berjudul “Pengembangan usaha baru bagi warga di era pandemic pada Perum.Duta Mekar Asri, Cileungsi Bogor.” dapat di harapkan membantu Warga agar mempunyai bekal dalam dunia Kewirausahaan,yang mendukung pelaksanaan aktivitas-aktivitas utama dengan berbagai sektor dan komponen masyarakat dan bagi penulis mendapat rasa jiwa sosial yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya. Penulis lakukan kegiatan KKN ini selain untuk menambah wawasan tentang kewiraushaan yang akan bisa menjadi kelebihan dan bekal pada warga untuk membangun usaha baru atau mengembangkan usaha yang sudah ada.

Mungkin dalam Artikel ini masih banyak kekurangan, namun besar harapan bisa di terima dan bermanfaat oleh peserta di masa mendatang, penulis tutup pembuatan Artikel ini dan mengucapkan banya terima kasih karena telah menyempatkan membaca Artikel ini. Demikianlah Artikel ini dibuat berdasarkan pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat yang akan dilaksanakan. Diharapkan pada pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat di waktu yang akan datang, penulis selaku mahasiswa program studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa mandiri, dapat memberikan sumbangsi ilmu lainnya khususnya berkaitan dengan Kewirausahaan, sehingga dapat bermanfaat terhadap Warga Perum.Duta Mekar Asri, Cileungsi Bogor dan aktivitas Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Nusa Mandiri Jakarta pada khususnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline