Lihat ke Halaman Asli

Kebakaran Hutan dan Lahan

Diperbarui: 28 November 2023   20:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Apa itu kebakaran hutandan lahan?dan kenapa bisa terjadi kebakaran hutan dan lahan?. Kebakaran hutan merupakan peristiwa terbakarnya hutan/lahan yang bisa disebabkan dengan sengaja dan tidak sengaja.

Seperti yang kita tahu kebakaran hutan pasti terjadi setiap tahunnya di Indonesia. Dan ini sudah memberi banyak dampak buruk bagi Indonesia.

Akibatnya api yang di timbulkan tidak dapat dikendalikan. Sehingga menyebabkan masyarakat yang tinggal di sekitaran hutan menjadi resah terhadap asap yang ditimbulkan.

Kebakaran hutan bisa disebabkan karena sengaja dan tidak sengaja. Kebakaran hutan secara tidak sengaja biasanya disebabkan api dari puntung rokok merambat melalui daun-daun kering. Api dari daun-daun kering tersebut menjalar ke ranting-ranting pohon yang berjatuhan lalu merambat kebatang dan daun-daun yang berada di atasnya. Kebakaran hutan secara sengaja biasanya disebabkan sebuah pihak yang ingin membuat lahan tetapi kekurangan modal untuk mempekerjakan tukang potong kayu. Lalu dia memilih cara yang menggunakan modal secukupnya seperti pembakaran hutan.

Kenapa kebakaran hutan dan lahan itu selalu terjadi di setiap tahunnya? Karena banyaknya kendala yang dihadapi dalam menangani kasus ini. Seperti,

1.Keterbatasan sarana dan prasarana.

2.Tempat kebakaran jauh dari pusat pemadam kebakaran.

3.Sulit memadamkan api yang sudah menjalar kemana-mana.

Kiat-kiat dalam menghadapi kebakaran hutan.

Diantara kiat-kiat tersebut adalah

1.Membuat peraturan dan memberi sanksi hukum bagi pelanggar yang terlibat dalam kebakaran hutan atau lahan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline