Lihat ke Halaman Asli

Rahmah Chemist

Blogger - Product Photographer

Perbaiki Hablum Minannaas Sebelum Terlambat

Diperbarui: 21 April 2022   00:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar diolah penulis

"Jika ingin hidupmu tenang dan bahagia sekaligus dicintai Allah, maka jaga hubunganmu dengan manusia."

Lebih kurang begitu nasihat almarhum bapak ke saya di saat beberapa hari sebelum beliau menjelang berpulang. Ya, beliau sampaikan dengan suara yang masih lantang dan kalimat yang jelas. 

Baginya, hubungan manusia dengan sesama manusia lainnya menjadi jalan kecintaan Allah hadir dalam kehidupan kita. Ketika Allah sudah cinta, maka tidak ada kesulitan hidup yang akan menimpa. Jika pun ada ujian, itu bentuk cintaNya karena ingin melihat seberapa besar tingkat kepercayaan kita padaNya untuk menolong di saat apa pun.

Tips Menjaga Hablum Minannaas

Pasti banyak yang bertanya tips agar hubungan kita dengan manusia tetap baik-baik saja. Pasalnya, menjaga hubungan baik setiap saat itu butuh banyak perjuangan yang tidak ringan. Banyak pertemanan rusak hanya karena salah lisan dalam mengeluarkan kata atau mungkin ada sikap yang tidak berkenan dan membuat rasa tidak nyaman. 

Makanya penting untuk memperhatikan agar tidak banyak masalah dalam hubungan antar sesama manusia. Caranya:

1. Jaga Sikap Di Mana Pun Berada 

Memang tidak mudah apalagi jika kita merasa sudah akrab dengan orang tersebut. Namun, kita juga perlu paham bahwa seakrabnya orang tentu punya perasaan dan privasi. Perhatikan sikap dan reaksi orang yang berinteraksi. Senang atau tidak dengan sikap kita. Biasanya akan terlihat berbeda jika sikap kita sudah keterlaluan.

Jika sudah demikian, cepat minta maaf dan mengubah sikap secara langsung agar tidak berlarut-larut. 

2. Jaga Lisan 

Lidah memang tidak bertulang tetapi yang dikeluarkannya bisa sangat tajam seperti pedang. Makanya harus berhati-hati. Manusia yang sudah terluka akibat lisan kita biasanya akan tersimpan lama bahkan tidak terlupakan. Jadi betul-betul jaga apa pun kata yang akan keluar dari mulut kita. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline