Lihat ke Halaman Asli

Rahmah Chemist

Blogger - Product Photographer

Tips Pilih Sekolah untuk Anak Zaman Now

Diperbarui: 11 Januari 2021   18:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kalau ditanya soal cara saya pilih sekolah, otomatis saya akan kembali melihat bagaimana karakter anak tersebut. Soalnya, sekolah tidak hanya untuk sekadar memanen nilai untuk jenjang berikutnya, tetapi juga sesuai kebutuhan anak atau tidak.

Sekolah juga seharusnya bukan tempat dimana orang tua menaruh kepercayaan penuh dalam hal materi pembelajaran, karena di rumah adalah tempat untuk mengeskplor lebih banyak lagi soal materi yang sudah diterima di sekolah.

Mengapa demikian?

Karena guru di sekolah mengampu tidak hanya 1 anak, anak kita, tetapi juga anak-anak lainnya. Otomatif fokus terhadap satu anak boleh dibilang tidak 100%. Mayoritas guru hanya lebih cepat mengenal, mana anak yang pintar, kooperatif dan mana yang "selalu cari perhatian dengan tingkahnya." 

Saya rasakan betul saat pertengahan 2019 dimana anak minta sekolah karena ingin punya teman. Karena tadinya saya berharap anak bisa home schooling saja, ternyata tidak bisa. Kondisi jiwa dan lingkungan rumah saya tidak mendukung.

Pilih Sekolah TK

Berikut tips sederhana dari saya saat pilih sekolah TK untuk anak saya:

1. Lokasi Tidak Terlalu Jauh

Hal ini untuk memudahkan kami sebagai orangbtua agar bisa cepat mendatangi sekolah jika ada apa-apa. Baik itu saat anak sakit atau mungkin ada keperluan yang lupa dibawa sama anak.

2. Sesuaikan Bujte, Jangan Paksakan!

Ini penting untuk menjaga kewarasan orang tua sehari-hari. Karena bujet yang tidak sesuai dengan kondisi finansial otomatis membuat orang tua disibukkan untuk mencukupi. Hal ini tentunya akan mengurangi waktu dengan anak ketika di rumah. 

3. Lihat Kurikulum Sekolah

Ini penting untuk mengetahui di sekolah akan diajarkan apa saja. Sesuai atau tidak. Orang tua berhak bertanya jika kemudian ada jenis materi yang dianggap ekstrim untuk usia TK atau sejenisnya. 

Karena yang akan menjalani adalah anak kita jadi tetap kita harus mempertimbangkan kondusi psikis dan mental anak juga, siap atau tidak menghadapi kurikulum demikian.

4. Aturan Dijalankan dengan Baik

Contohnya di sini adalah soal antar jemput. Pastikan anak-anak dijemput oleh orang yang sudah diinformasikan sebelumnya ke sekolah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline