Lihat ke Halaman Asli

Rahmah Chemist

Blogger - Product Photographer

Puasa Diserang Wasir? Berbuka dengan Serat Tinggi

Diperbarui: 28 April 2020   23:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: Asian Parent

Puasa Diserang Wasir? Berbuka dengan Serat Tinggi - Tak nyaman beribadah ketika wasir menyerang memang pengalaman tidak menyenangkan ketika hendak khusyuk. Apalagi salah satu ibadah wajib yaitu salat. Ketika wasir menyerang, otomatis posisi duduk membuat tidak fokus. Bahkan sesekali harus memilih harus salat berdiri atau sekalian berbaring. 

Namun, yang namanya penyakit pastinya harus segera dicari jalan keluarnya untuk sembuh. Apalagi Ramadan adalah bulan yang hanya datang menyapa sekali dalam setahun. Melewatkan ibadah sungguh merugi rasanya. 

Nah, untuk itu saya kemudian mengobatinya dengan cara-cara sederhana. Hal yang penting sebelum melakukan metode penyembuhan adalah dengan berkonsultasi pada ahlinya. 

Kebetulan di sekeliling saya beberapa ada yang berprofesi tenaga kesehatan, jadi saya memanfaatkan itu untuk berkonsultasi. Soalnya, saya belum punya keberanian untuk mengunjungi dokter saat ini. Apalagi saya harus keluar bersama bayi yang masih berusia hampir 7 bulan. 

Ketika wasir menyerang, maka jalan keluarnya adalah:

#1. Makan Makanan Berserat di Saat Sahur

Untuk sahur, saya wajib mengkonsumsi sayur dan buah-buahan berserat tinggi. Yang paling mudah diperoleh adalah Pepaya

#2. Banyak Minum Air Putih

Kalau aturannya sudah jelas, 8 gelas sehari. Namun, karena wasir menyerang maka 8 gelas itu harus dibagi dengan baik agar saat mengkonsumsinya tidak berat. Karena menjadi kembung juga tidak akan memberikan kenyamanan dalam beribadah.

#3. Hindari Makanan Non Serat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline