Lihat ke Halaman Asli

MHAFILUDIN

MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KIP KULIAH II STP TRISAKTI II S1 PARIWISATA

Pentingnya K3 dalam Dunia Industri Pariwisata

Diperbarui: 30 Juli 2024   06:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penerapan keselamatan dan kesehatan kerja (k3) sangat penting bagi dunia pariwisata karna dapat mnegurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja pada pengunjung atau pekerja di tempat industri wisata tersebut. Setiap karyawan ataupun pengunjung dapat dengan mudah mengalami cedera atau mengalami kecelakaan kerja apabila tidak mematuhi prosedur-prosedur yang sudah dibuat oleh perusahaan . 

apabila kita lalai dalam menerapkan k3 bisa saja kita terkena cedera seperti: terjatuh, tertimpa, terkena zat beracun, nafas sesak karna banyaknya debu,dan lainnya. Bagi perusahaan sendiri, penerapan prosedur k3 sangat penting untuk mengurangi kerugian yang diakibatkan oleh kecelakaan kerja dan dapat meningkatkan produktifitas suatu perusahaan. Peningkatan produktifitas tersebut dapat berjalan apabila perusahaan bisa menciptakan lingkungan kerja yang aman,nyaman,dan efektif. 

Berdasarkan Moekijat (2004), Program keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) dilaksanakan karena tiga faktor penting, yaitu : 

a. Berdasarkan perikemanusiaan. yang pertama dilakukan yaitu manajer akan mengadakan pencegahan kecelakaan kerja atas dasar perikemanusiaan kepada semua anggota yang ada di perusahaan. Mereka melakukan demikian untuk mengurangi rasa sakit dari pekerja yang menderita luka-luka serta mengurangi kerugian perusahaan. 

b. Berdasarkan Undang-Undang. Ada juga alasan mengadakan program keselamatan dan Kesehatan kerja berdasarkan Undang -undang , bagi Sebagian mereka yang melanggarnya karna suatu alasan tertentu maka mereka akan dijatuhi hukuman denda sesuai dengan ketentuan yang ada.

 c. Berdasarkan Alasan ekonomi: para pekerja diharapkan untuk sadar bahwa keselamatan kerja karena biaya kecelakaan dampaknya sangat besar bagi perusahaan, dan bisa saja menimbulkan kerugian pada perusahaan tersebut.

 Setiap perusahaan atau industri pariwisata memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa para pekerja atau para pengunjung yang berada di perusahaan harus dalam keadaan yang aman sepanjang waktu.untuk bagi mereka yang bekerja disebuah perusahaan harus mempunyai sertifikat ahli k3 agar dalam penerapannya bisa berjalan lebih maksimal. 

Berdasrkan pengalaman yang ada , berikut ada beberapa tujuan dari dilaksanakan nya penerapan k3 dalam sebuah industri pariwisata : 1. Melindungi setiap pekerja atau orang lain yang berada didalam suatu perusahaan

 2. Menjamin setiap bahan produksi tetap dalam keadaan aman dan terlindungi 

3. Meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas perusahaan 

4. Agar setiap peralatan dan perlengkapan digunakan sebaik-baiknya

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline