Lihat ke Halaman Asli

MHAFILUDIN

MAHASISWA PENERIMA BEASISWA KIP KULIAH II STP TRISAKTI II S1 PARIWISATA

Pentingnya MICE di Dunia Industri

Diperbarui: 29 Juli 2024   17:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENTINGNYA MICE DI DUNIA INDUSTRI

       MICE merupakan sebuah industri yang berkembang sangat pesat di dunia. Perkembangan MICE terjadi karena adanya kebutuhan perusahaan untuk melakukan pertemuan dengan tujuan memperluas bisnis perusahaan. Pada mulanya, MICE di Indonesia dikenal dengan istilah wisata konvensi. Namun, Seiring perkembangan teknologi dan banyaknya kegiatan konvensi yang diselenggarakan dengan mengadopsi kriteria MICE maka istilah MICE lebih populer digunakan saat ini.

    

   Dalam pelaksanaannya, kegiatan MICE banyak menggunakan infrastruktur pariwisata, seperti alat transportasi untuk perpindahan peserta dari daerah asal ke daerah tujuan kegiatan MICE, penginapan menggunakan hotel, dan kunjungan ke objek wisata sebagai pendukung kegiatan MICE. Dengan latar belakang ini juga, kegiatan MICE merupakan bagian dari kegiatan wisata. Hal ini diperkuat dengan dukungan pemerintah melalui kementerian pariwisata, yang pada tahun 2009 kementerian pariwisata menetapkan sebagai tahun kunjungan wisata MICE atau Visit Indonesia MICE 2009.

    

     Kebijakan pemerintah dalam mendukung industri MICE di Indonesia dilakukan dengan menetapkan 10 kota utama potensial tujuan MICE di Indonesia, yaitu Medan, Padang/Bukit Tinggi, Batam, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, Makassar, dan Manado. Tiga kota potensial MICE terdiri dari Palembang, Lombok, dan Balikpapan. Perkembangan infrastruktur pariwisata yang agresif mendukung berkembangnya bisnis MICE di Indonesia. Saat ini Indonesia juga telah banyak menyelenggarakan kegiatan MICE berskala nasional bahkan internasional (Kemendag, 2011).

     

 Penyelenggara kegiatan MICE untuk perusahaan dikenal dengan istilah, PCO (Professional Conference Organizer) atau PEO (Professional Exhibition Organizer). MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) adalah sebuah terobosan baru untuk kemajuan pariwisata Indonesia karena dinilai mampu memberikan keuntungan 7 kali lipat lebih besar dari leisure tourism. Dampak utama adanya bisnis MICE di Indonesia adalah semakin meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan citra pariwisata di daerah destinasi MICE. Potensi MICE Indonesia terlihat dari banyaknya event besar bertaraf internasional yang sering menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah, selain itu Indonesia memiliki sumber daya manusia MICE yang profesional, infrastruktur yang berkualitas, sarana dan prasarana akomodasi MICE yang cukup memadai.

   

   Tingginya persaingan di antara destinasi untuk mendatangkan kegiatan MICE internasional menyebabkan perlunya pembentukan asosiasi yang mewadahi kegiatan MICE ini. Indonesia Convention and Exhibition Bureau (INACEB) didirikan untuk menjawab perlunya mitra kerja kementerian pariwisata untuk mendukung dan mempromosikan berbagai kota di Indonesia yang memenuhi kriteria sebagai destinasi MICE skala nasional maupun internasional.

    

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline