Lihat ke Halaman Asli

Dollar Relatif Stabil Jelang Data Payrolls

Diperbarui: 3 Juni 2016   18:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Dollar Relatif Stabil Jelang Data Payrolls

Dollar hanya bergerak tipis terhadap mata uang mayoritas di sesi Jumat. Pergerakan tipis ini tak lepas dari para pelaku pasar masih berhati-hati menjelang data yang selalu diantisipasi kehadirannya, laporan sektor lapangan kerja AS yang akan dirilis hari ini.

Pantauan para pelaku pasar terhadap rilisan data payroll non pertanian AS ini digunakan sebagai indikasi selanjutnya akan kekuatan sektor lapangan kerja AS. Jika laporan NFP menunjukkan hasil yang lebih baik dari perkiraan, dipastikan akan semakin mendorong ekspekasti akan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve pada musim panas ini.

Pada hari Kamis, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan, klaim tunjangan pengangguran awal berkurang sebanyak 1.000 menjadi 267.000 lapangan kerja di pekan lalu. Laporan tersebut berlawanan dengan ekspektasi analis yang memperkirakan kenaikan sebanyak 2.000 dengan total 270.000 pengajuan dari pekan sebelumnya 268.000 pengajuan.

Sebelumnya, laporan dari lembaga pengolah payroll, ADP, mengatakan terjadi peningkatan lapangan kerja sektor swasta sebanyak 173.000 lapangan kerja pada Mei, relatif lebih rendah dari ekspekatsi analis yang memperkirakan kenaikan sebanyak 175.000 lapangan kerja dan jauh lebih baik dari laporan pada april yakni sebanyak 166.000 lapangan kerja baru yang tercipta.

Indeks dolar AS, yang mencatat pergerakan greenback terhadap enam mata uang mayoritas, cukup stabil di area 95,64.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline