Lihat ke Halaman Asli

Sentimen Konsumen Jerman Terkuat Sejak 2001

Diperbarui: 17 Juni 2015   10:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sentimen konsumen Jerman Terkuat Sejak 2001

Kepercayaan konsumen Jerman mencatat kenaikan ke level tertingginya sejak Oktober 2001 karena konsumen semakin optimis yang didukung oleh ekspektasi ekonomi yang terus menunjukkan kenaikan, data survey grup riset pasar GfK Kamis menunjukkan.

Indeks kepercayaann konsumen meningkat melampaui perkiraan menjadi 9,7 pada bulan Maret dari 9,3 di Februari. Indeks diperkirakan meningkat menjadi 9,5. Nilai tertinggi sejak Oktober 2001.

Kepercayaan konsumen masih mengukuhkan kenaikan, GfK menyebutkan. Konsumen terlihat tidak terlalu terpengaruh oleh eskalasi situasi di Ukraina bagian Timur, ketegangan yang terus terjadi antara Russia dan Barat layaknya sama seperti melihat situasi di Yunani.

Belanja konsumen sekali lagi akan menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi Jerman tahun ini, GFK menyebutkan. Penurunan harga minyak mendongkrak daya beli, sehingga membebaskan untuk melakukan pembelian lainnya.

Indeks ekspektasi ekonomi secara signifikan mencatat kenaikan ketiganya di February. Indeks meningkat sebesar 4,7 poin ke level 27,2.

Jerman tetap yakin bahwa perekonomian mereka jelas di jalur pertumbuhan. Inflasi yang rendah dan euro yang lemah di tengah kebijakan moneter ekspansif Bank Sentral Eropa menghasilkan momentum yang diperlukan, kata kelompok riset.

Prospek pendapatan konsumen terus meningkat pada bulan Februari. Indikator ekspektasi penghasilan meningkat 2,8 hingga 50,6 poin. Turunnya harga BBM mendorong inflasi di bawah nol pada bulan Januari. Dikombinasikan dengan situasi pasar tenaga kerja sangat stabil, ada perbaikan substansial dalam pendapatan riil.

Indeks yang sesuai naik 1,7hingga 59,1. Indeks ini mencapai puncak delapan tahun dari bulan sebelumnya. Sebuah nilai yang lebih tinggi dari 59,9 terakhir terlihat pada bulan Desember 2006.

Sementara, data lain dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan tingkat pengangguran Jerman tidak berubah di 6,5 persen yang disesuaikan secara musiman pada bulan Februari. Jumlah orang keluar dari angkatan pekerjaan turun 20.000.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline