Lihat ke Halaman Asli

Peran Mahasiswa dalam Rangka Mengedukasi dan Pengembangan Potensi Belajar Anak-Anak TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tegalweru

Diperbarui: 15 Maret 2024   12:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi PMM Kel 53 Gel 1

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Pada  19 Januari sampai 19 Februari 2024 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang, PMM Kelompok 45 Gelombang 2 melaksanakan kegiatan PMM di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tegalweru dengan Jln. Bhirawa Rt.09 Rw.01 Dsn. Krajan Ds. Tegalweru, Kec. Dau, Kab. Malang. Kelompok 53 gelombang 1 beranggotakan Muhammad Firmansyah Purnomo, Yanse Young P, Amanda Salsabilla, Mohammad Andrey Maulana Bahri, Sabrina Nur Anisah yang berasal dari fakultas FISIP prodi Kesejahteraan Sosial dan Ilmu Pemerintahan. Dengan dosen pembimbing Ramli Ramadhan, S.Hut, MA.

Kegiatan ini mengangkat tema "PERAN MAHASISWA DALAM RANGKA EDUKASI DAN PENGEMBANGAN POTENSI BELAJAR ANAK-ANAK TK DHARMA WANITA PERSATUAN 1 TEGALWERU" melalui tema ini diharapkan anak-anak TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tegalweru mengetahui potensi-potensi minat bakat yang ada pada dalam diri nya. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan memberikan pengetahuan tentang edukasi minat bakat serta pengembangan potensi diri pada anak.

Dalam rangka pengabdian masyarakat, mahasiswa Bhaktiku Negeri mengambil peran penting dalam edukasi dan pengembangan potensi belajar anak-anak TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tegalweru. Kegiatan ini bertujuan untuk merangsang kreativitas serta memperkenalkan beragam profesi kepada anak-anak usia dini. Salah satu upaya yang dijalankan adalah melalui pembuatan Pojok Baca yang diharapkan dapat menjadi wahana peningkatan minat baca dan pengetahuan anak-anak.

Pembuatan Pojok Baca ini dilakukan dengan melibatkan mahasiswa sebagai fasilitator. Mereka tidak hanya menyediakan buku-buku cerita yang menarik, tetapi juga mengemas ruang baca dengan desain yang ramah anak. Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan belajar yang positif dan memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengeksplorasi dunia literasi secara menyenangkan. Selama proses pembuatan Pojok Baca, mahasiswa juga memanfaatkan kesempatan untuk memperkenalkan berbagai profesi kepada anak-anak TK. Mereka mengadakan sesi tanya jawab, bermain peran, dan pameran mini tentang profesi seperti dokter, guru, petani, dan lainnya. Hal ini tidak hanya memberikan wawasan baru kepada anak-anak tetapi juga membuka cakrawala mereka terhadap beragam pilihan profesi di masa depan.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan anak-anak TK Dharma Wanita Persatuan 1 Tegalweru dapat merasakan dampak positif dalam peningkatan minat baca dan pemahaman tentang dunia pekerjaan. Sementara itu, peran mahasiswa Bhaktiku Negeri sebagai agen perubahan mampu memberikan kontribusi nyata dalam mendukung pendidikan dan perkembangan anak-anak di komunitas lokal. Pengalaman ini juga menciptakan keterlibatan aktif mahasiswa dalam memberikan dampak positif kepada masyarakat, sekaligus merangsang potensi belajar anak-anak TK. Semua ini melibatkan peran mahasiswa sebagai agen perubahan yang tidak hanya membawa pengetahuan tetapi juga inspirasi kepada generasi muda untuk menggapai impian mereka di masa depan.

Sumber: Dokumentasi PMM Kel 53 Gel 1




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline