Lihat ke Halaman Asli

Muhamad Nauval Al Amin

Mahasiswa FEBI UIN Banten

Segmentasi dalam Pemasaran

Diperbarui: 26 Desember 2021   23:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Strategi dikatakan baik apabila terbukti mampu mencapai tujuan (sasaran) dengan tepat, efektif serta efisien dalam prosesnya, dan hal ini sudah tergambar pada proses perencanaannya Pada dasarnya strategi dalam pemasaran bertujuan untuk memperoleh  keuntungan setelah memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang menjadi sasarannya. Untuk mencapai tujuannya diperlukan pemahaman dan pendekatan lebih jauh terhadap sasaran atau target yang dituju.

Pembeli atau konsumen sebagai target pemasaran pada umnya  bersifat heterogen atau berbeda-beda satu dengan yang lainnya, baik dalam motif perilaku maupun dalam kebiasaanya yang menunjukan ciri atau sifat pembeli atau konsumen tersebut. Sehingga  dengan adanya perbedaan-perbedaan ini, membuat sulit  suatu perusahaan/produsen untuk melayani seluruh pasar yang ada yang dapat memberikan kepuasan bagi seluruh konsumen. Hal tersebut, membuat perusahaan atau produsen perlu melakukan pemahaman dan pendekatan lebih jauh untuk mampu memenuhi hal-hal yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen sebagai target atau sasaran pasar.

Dengan demikian perusahaan atau produsen dituntut harus mampu melakukan segmentasi pasar. Yaitu dengan membagi pasar kedalam beberapa kelompok yang dimana setiap kelompok tersebut memiliki sifat atau ciri-ciri yang berbeda satu sama lain antar kelompok lainnya.

Kemudian, setiap kelompok tersebut dapat dipilih sebagai suatu pasar sasaran. Sehingga membuat produsen dapat lebih efektif dan efisien dalam menggunakan sumber daya dalam memasarkan produk sehingga kegiatan pemasaran lebih terarah dalam melakukan promosi.

Selanjutnya, jika kita sudah melakukan segmentasi pasar tersebut maka kita melakukan langkah selanjutnya yaitu dengan menentukan target pasar (targeting) dan setelah itu, melakukan pemosisian atau positioning terhadap metode pemasaran yang akan kita lakukan. 

Sekian artikel ini saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua. Untuk selanjutnya, saya harapkan saran dari pembaca agar menjadi evaluasi bagi saya dalam menulis untuk kedepannya.

  • #Sebagai Tugas UAS MK Management Pemasaran Syari'ah dengan Dosen Pengampu Dr.H Syaeful Bahri, S.Ag, MM.

  • #Quote: Menang Tak Terbang Kalah Tak Jatuh




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline