Lihat ke Halaman Asli

Pengenalan Transplantasi Karang Untuk Siswa dan Remaja

Diperbarui: 26 Juni 2015   07:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

13016647931657325863

Beberapa waktu lalu, dalam kunjungan saya ke salah satu pulau dalam wilayah Pangkep (Sulsel),  tepatnya Pulau Karangrang, Liukang Tupabbiring, saya terlibat dalam kegiatan Transplantasi Karang. Penyelamatan terumbu karang merupakan kegiatan yang dimaksudkan untuk menyelamatkan lingkungan pesisir dan laut. Fungsi terumbu karang sangat besar bagi kelangsungan hidup ikan dan ragam biota laut lainnya, mulai dari tempat mencari makan hingga berkembang biak ikan. Kalau terumbu karang rusak itu berarti juga menurunnya populasi ikan atau berkurangnya pasokan ikan sebagai bahan pangan manusia, selain itu terumbu karang berperan sebagai pelindung pantai dari abrasi.

Dengan semakin terancamnya kehidupan ikan dan biota laut lainnya karena banyaknya terjadi pengrusakan karang maka kita perlu mengadakan yang disebut ‘Transplantasi Karang’ sebagai upaya penyelamatan. Transplantasi Karang merupakan upaya pencangkokan atau pemotongan karang hidup untuk ditanam ditempat lain atau ditempat yang karangnya telah rusak, sebagai upaya rehabilitasi. Kegiatan transplantasi ini sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja, paling tidak tulisan inipun dimaksudkan untuk siswa atau remaja agar dapat melakukan transplantasi karang sebagai upaya kepedulian terhadap lingkungan laut dan pesisir.

Berikut ini tahapan transplantasi karang :

1. Siapkan Induk karang dan potong - potong menjadi beberapa bagian (fragmen karang). Inilah bibit karang yang akan digunakan untuk transplantasi.

Jenis karang yang digunakan dalam kegiatan transplantasi, yaitu jenis karang yang hidup dan tersedia di masing-masing lokasi kegiatan. Beberapa alternatif jenis karang yang baik untuk transplantasi adalah Acrophora tenuis, A. formosa,  A. hyancinthus, A. difaricata, A. nasuta, A. yongei,  A. digitifera, dan A.glauca..

2. Membuat meja transplantasi (Nursery ground). Meja transplantasi dibuat dari rangkaian besi berbentuk meja segi empat yang dikuatkan  dengan tali / jaring yang dihubungkan satu sama lain.

Meja Transplantasi atau nursery ground merupakan tempat penyiapan dan pembesaran Bibit - bibit karang. Ukurannya bisa menurut selera kita, tapi bagusnya berukuran 100 x 110 cm. Bentuk nursery ground adalah segi empat panjang, pada ujung-ujungnya terdapat kaki - kaki tegak lurus sepanjang 40 cm. Pada bagian atas rangka besi ditutup dengan jarring dengan mesh size 0,5 cm x 0,5 cm. Bahan dasar nursery ground adalah besi yang telah dicat anti karat dan dilengkapi dengan jarring poly etilen pada bagian atasnya.

3. Merekatkan fragmen karang pada substract di atas meja transplantasi.

Pada setiap nursery ground dipasang 12 buah substrat yang terbuat dari semen cor (campuran semen dan pasir dengan perbandingan 1:4. Pada bagian tengah dipasang patok tiang setinggi 10 cm dan pada bagian tepinya dibuat 4 lubang di arah yang berbeda.

4. Meja Transplantasi dan Fragmen karang yang sudah direkatkan pada substact diatas meja transplantasi tersebut. (ist).

Penyediaan bibit karang dilakukan secara hati-hati dengan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:

a.Sistem perwakilan plot koloni diambil tidak lebih 1/8 bagian dari plot koloni

b.Tidak merusak koloni

c.Sesuai dengan MSY (potensi) di alam/lokasi.

d.Pengangkutan bibit dilakukan di dalam air dan dilaksanakan secara hati-hati

e.Diambil dari lokasi yang berdekatan dengan lokasi penempatan media pembibitan

f.Mempunyai kedalaman perairan yang sama dengan kedalaman penempatan media pembibitan

g.Dipilih dari jenis karang yang sehat dan mempunyai pertumbuhan cepat

13016654852002340817

5. Substrat ditata kedalam baris searah panjang nursery ground dengan jumlah sebanyak 4 baris dan 3. Pada setiap substrat diberi potongan karang ukuran 4 cm sampai 7 cm.

Saya, ditengah para siswa dan remaja dalam kegiatan transplantasi karang. (ist).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline