Lihat ke Halaman Asli

Muhammad FadelDwi

Mahasiswa Universitas Diponegoro, Penerima Manfaat Kader Surau YBM BRI

Cegah Wabah Meluas, Mahasiswa Undip Ajari Cara Membuat Hand Sanitizer Mandiri

Diperbarui: 30 Juli 2021   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Video Tutorial Edukasi Hand Sanitizer Mandiri (09/07/2021). Dokpri

Kabupaten Bekasi (30/07/2021) – Meningkatnya jumlah kasus positif COVID-19 pada bulan Juli di RT 007 / RW 024 memaksa Kepala RT 007 harus memberlakukan “lockdown terbatas” untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut. Warga yang terkena kasus diharuskan isolasi mandiri di rumah masing-masing dan tukang antar paket pos dilarang masuk ke wilayah RT 007. Warga 007 diharuskan untuk memakai masker setiap kali harus keluar rumah.

Lockdown Terbatas RT 007 (06/07/2021). Dokpri

Melihat kejadian ini di RT 007, Mahasiswa Universitas Diponegoro (UNDIP), Muhammad Fadel Dwi Nugraha (21), terbantu untuk mengedukasi warga untuk meminimalisir penyebaran COVID-19 dengan memberikan video tutorial membuat hand sanitizer secara mandiri. Bahan yang digunakan mudah didapatkan dan murah, seperti Alkohol 70%, ekstrak buah, dan Aloe Vera.

Warga dapat secara mandiri menonton video dari rumah. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara daring memaksa program edukasi diberikan secara online untuk mencegah potensi klaster penyebaran COVID-19 akibat kerumunan. Video yang dibuat oleh Fadel tergolong mudah dipahami dan sistematis.

 Selain memberikan video edukasi pembuatan Hand Sanitizer, Fadel turut memantau prosesi penyemprotan disinfektan oleh petugas pemadam kebakaran setempat. Dengan berbekal mobil pemadam kebakaran, petugas menyemprotkan disinfektan ke seluruh area RT 007 yang terdiri dari empat gang.

Penyemprotan Disinfektan (25/07/2021). Dokpri

Salah satu warga RT 007, Ibu Nunik merasa terbantu dengan adanya program KKN berbasis pencegahan COVID-19. Ibu Nunik mengucapkan terima kasih atas partisipasi Fadel dalam menekan laju COVID-19 di RT 007. Kini, Warga di RT 007 dapat membuat hand sanitizer sendiri tanpa harus mengeluarkan uang berlebih untuk membelinya.

Penulis : Muhammad Fadel Dwi Nugraha

DPL : dr. Siti Fatimah, M.Kes.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline