Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Falih Syifa

Universitas Diponegoro

Semakin Mudah! Mahasiswa Undip Berinovasi Membuat Alur Pelayanan Online untuk Warga Desa Talun

Diperbarui: 12 Februari 2023   08:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi Alur Pelayanan Online kepada Perangkat Desa

Talun, (11/02/2023) – Pelayanan administrasi desa merupakan kegiatan penting yang berada di desa untuk melakukan pengurusan berkas dan informasi yang ada di desa tersebut. Pelayanan administrasi  di Desa Talun, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan masih dilakukan secara konvensional yang dinilai masih memiliki kekurangan dimana pelayanan hanya dapat dilakukan pada jam kerja kantor sedangkan masyarakat seringkali tidak bisa datang ke kantor kepala desa di saat jam kerja.

Demi mewujudkan peningkatan kualitas pelayanan administrasi desa, mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro membantu dalam pembuatan alur pelayanan online yang nantinya dapat diakses warga dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang langsung ke balai desa. Dengan adanya pelayanan online ini dapat dijadikan solusi dari permasalahan yang dihadapi warga dan perangkat desa untuk menjadikan pelayanan lebih efektif.

Proses pengerjaan pelayanan administrasi online ini diawali dengan melakukan wawancara dengan perangkat desa mengenai berkas apa saja yang diperlukan serta bagaimana alur yang harus dilalui dalam pengurusan surat-surat yang diperlukan. Pelayanan administrasi yang dimaksud yaitu pengurusan berkas yang terdiri dari pengurusan KTP, KK, Akta kelahiran, Akta kematian, KIA, SKU, SKTM, serta perpindahan dan kedatangan antar desa/kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota/provinsi.

Setelah mengetahui syarat dan alur yang dibutuhkan maka mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro melakukan pembuatan QR Code dan Drive yang berisikan poster serta keterangan berkas alur surat sehingga nantinya dapat digunakan oleh masyarakat setempat maupun perangkat desa untuk mengakses informasi yang berhubungan dengan pelayanan administrasi desa tersebut.

Dengan adanya peningkatan kualitas pelayanan administrasi ini nantinya diharapkan masyarakat maupun perangkat desa merasa semakin dimudahkan lagi dalam pengurusan berkas yang dibutuhkan.

Penulis                             : Muhammad Falih Syifa

Jurusan                            : Teknik Arsitektur

Dosen Pembimbing   : Heri Sugito, M.Sc

                                               Nenik Woyanti, SE., M.Si

                                               Muhammad Iqbal Fauzan, SP., M.Si

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline