Lihat ke Halaman Asli

Wisata Menakjubkan di Gunungkidul

Diperbarui: 17 April 2023   12:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Tempat-tempat wisata di Gunung Kidul selalu menawarkan keindahan alam yang tak tertandingi. Gunung Kidul, sebuah kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, terkenal dengan pesona wisata alamnya. Tidak mengherankan jika banyak tempat wisata di Gunung Kidul yang menampilkan keindahan alamnya. Selain itu, Gunung Kidul juga memiliki destinasi wisata modern yang menarik dan dapat dikunjungi oleh wisatawan dari segala usia.

Pemandangan eksotis dan keindahan estetika tempat-tempat wisata tersebut memungkinkan pengunjung untuk mengabadikan momen liburan bersama keluarga atau teman dengan berfoto dan membagikannya di berbagai platform media sosial.

 

Pantai Timang

Salah satu tempat wisata Gunung Kidul yang menarik untuk dikunjungi oleh para penggemar wisata ekstrem adalah Pantai Timang. Meskipun tergolong sebagai tempat liburan yang tidak biasa, namun Pantai Timang menawarkan pengalaman yang seru dan menegangkan ketika mengendarai gantole tradisional untuk menyeberang ke Pulau Timang.

Bagi mereka yang tidak memiliki keberanian yang cukup, disarankan untuk tidak mencoba untuk menaiki wahana gantole tersebut. Hal ini disebabkan karena gantole tersebut dibuat secara tradisional dengan menggunakan kayu dan bambu serta tali plastik sebagai tali pengikatnya. Selain itu, pengoperasian gantole juga masih dilakukan dengan tenaga manusia. Selain itu, Anda juga harus melewati lautan lepas yang memiliki ombak yang ganas dan sewaktu-waktu dapat menyapu anda yang sedang menyeberang.

Gua Pindul

Gua Pindul dapat dianggap sebagai objek wisata Gunung Kidul yang paling terkenal. Saat berkunjung ke sana, pengunjung dapat mengalami sensasi yang menyenangkan saat menjelajahi isi gua dengan cave tubing. Selain itu, mereka dapat menjelajahi sungai di bawah tanah dengan naik ban yang besar dan melihat dekorasi gua yang menakjubkan dengan stalaktit yang indah dan eksotis. Gua Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul.

Pantai Nglambor

Pantai yang terletak di Desa Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, Jogjakarta menawarkan eksotisnya pemandangan pantai dengan ombak yang cukup jinak. Selain itu, ragam biota laut yang cantik juga jadi alasan mengapa traveler senang datang ke sana.

Heha Ocean View

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline