Sebagai peran guru di tempat bimbingan ini adalah mengenalkan budaya indonesia dan nilai islami untuk menghubungkan anak-anak dengan identitas indonesia. Dengan cara aktivitas spesifik dan kreativitas mahasiswa seperti : mengenalkan lagu daerah, permainan tradisional, cerita rakyat dan nilai-nilai budaya lainnya. Mengapa budaya indonesia sangat penting untuk dikenalkan kepada anak-anak imigran di luar negri terutama malaysia?
Budaya indonesia wajib di kenalkan kepada anak perantauan di malaysia karena mempertahankan akar kebangsaan dan menguatkan rasa bangsa. Dengan mengenalkan ini anak-anak memahami asal-usul dan identitas mereka juga merasa bangga dengan warisan leluhur mereka, meskipun berada di luar negri. Mengenalkan budaya Indonesia pada anak-anak perantauan di Malaysia bukan hanya soal warisan tradisi, tetapi juga tentang membangun generasi yang mencintai dan memahami indonesia meskipun jauh dari tanah air. Hal ini penting untuk menjaga identitas bangsa di tengah era globalisasi.
Banyak anak perantauan indonesia di malaysia yang tidak dapat mengakses pendidikan formal karena status ke imigrasian orang tua mereka. Tempat bimbingan ini hadir untuk memperikan pelajaran dan pengajaran kepada anak-anak iperantauan untuk terus belajar pembelajaran dasar seperti : berhitung, membaca, menulis, bahkan mengetahui belajar agama dan nilai- nilai moral. Sering kali anak perantauan ini yang menimbulkan tekanan sosial dan perekonomian keluarga. Maka tempat bimbingan inilah menjadi tempat tinggal kedua bagi mereka. Mereka bisa bermain, belajar, dan mendapatkan respon yang baik. Melalui jejaring komunitas, tempat bimbingan ini juga bisa bekerja sama dengan lembaga di indonesia untuk menjadi jembatan bagi keluarga untuk kembali ke indonesia / sekolah selanjutnya dengan bekal yang lebih baik.
tempat bimbingan ini sangat berbeda dengan tempat bimbingan yang lainnya. Di tempat bimbingan ini selain mengenalkan budaya indonesa, tetapi juga kental dengan mengajarkan nilai moral islami. Seperti sebelum pembelajaran, anak -anak di ajarkan untuk sholat dhuha berjamaah, lalu di lanjutkan membaca istighosah. Setelah itu di tempat bimbingan ini ada sholat dhuhur dan sholat ashar berjamaah. tempat bimbingan ini anak-anak belajar sampai pukul 4 sore. Di jam ke tiga itu, anak-anak di fokuskan untuk belajar agama.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H