Lihat ke Halaman Asli

Meysha Maulida Ibra

Hallo, Nama Saya Meysha Maulida Ibra. Saya Mahasiswa Universitas Pamulang Jurusan Akuntansi

Peran Manajemen Strategik Untuk Perusahaan

Diperbarui: 9 Januari 2022   00:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : SeputarIlmu.Com

Saat berdirinya suatu perusahaan, tentu saja telah mempunyai sebuah tujuan yang sudah direncanakan serta sudah disusun sebelumnya. guna mencapai tujuan itu diperlukan suatu perencanaan serta langkah yang wajib dijalani. manajemen strategik ini bisa membantu perusahaan guna mencapai tujuannya.

Manajemen Strategik itu cara atau proses guna memilih tujuan suatu organisasi, menyebarkan kebijakan, serta perencanaan agar mencapai tujuan serta mangalokasikan sumber daya guna mengimplementasikan perencanaannya. Manajemen Strategik itu bisa dikatakan sebagai suatu tahap kemampuan manajerial yang dijalankan dalam organisasi atau perusahaan dengan bermacam fungsi.

Penerapan manajemen strategik dalam perusahaan itu penting. mengapa? Sebab dalam menjalankan suatu perusahaan harus direncanakan secara matang seta benar untuk segala hal yang akan dilakukan. Ini dibuat oleh Top Manajemen atau ketua bidang fungsional lainnya. Perencanaan manajemen ini dibuat dengan mempertimbangkan masukan dari staf hingga karyawan yang ada dilevel yang lebih bawah. Agar semua orang yang ada di perusahaan dapat memberikan kontribusinya untuk perencanaan tersebut. Jadi, perusahaan dapat menganisipasi akan adanya masalah yang bisa saja terjadi di perusahaan tersebut baik dalam lingkungan luar maupun lingkungan dalam perusahaan.

Proses Manajemen Strategik terdiri atas 5 tahap :

1. Analisi Lingkungan ( ekstenal serta internal )

    Bertujuan guna mengidentifikasi peluang yang harus segera menerima perhatian pada saat perusahaan menetukan beberapa kendala. Hal yang dilakukan ialah mengidentikasi beberapa variabel pokok yang bisa mengubah kinerja perusahaan itu.

2. Penetapan Misi serta Tujuan

    Misi perusahaan itu mencerminkan alasan mengapa perusahaan itu berdiri. Karena tak mungkin suatu perusahaan ada tanpa adanya misi yang sudah ditetapkan. Sedangkan tujuan merupakan landasan primer guna menggariskan kebijakan yang dicapai serta arah tindakan guna mencapai tujuan perusahaan itu sendiri.

3. Perumusan Strategik

    Strategi adalah beberapa tindakan yang terintegrasi serta terkoordinasi yang akan diambil yang bertujuan mendayagunakan kompetensi inti dan memperoleh keunggulan bersaing. Perumusan strategi yang dilakukan harus memenuhi  spesifikasi yang telah ditentukan dalam produk, pasar dan pemasarannya, sumber daya organisasi ( keuangan atau non ekonomi ), serta teknologi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline