Lihat ke Halaman Asli

Meylisa Eka putri

UNIVERSITAS DIPONEGORO

Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Ajak UMKM Kenali WOM & EWOM Sebagai Pemasaran

Diperbarui: 12 Agustus 2022   14:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

dokpri

dokpri

Mahasiswa KKN TIM II UNDIP Ajak UMKM Kenali WOM & EWOM Sebagai Pemasaran dan Mahasiswa Menjadi Pemeran Dalam Keberlangsungan Pendampingan EWOM Untuk UMKM yang Masih Memiliki Target Pasar di Lingkup Kecil

Tak banyak orang yang tau terkait WOM dan  EWOM . Namun tanpa sadar mereka sering kali menggunakan pemasaran tanpa sadar.

Word of Mouth : Komunikasi lisan antara individu dan individu lainnya, antara pengirim dan penerima pesan yang di dalamnya memiliki unsur produk, jasa maupun brand. Word of Mouth adalah pembicaraan yang secara alami terjadi di antara orang orang, Word of Mouth adalah pembicaraan konsumen asli (Sernovitz, 2006). 

Sebagai bagian dari bauran komunikasi pemasaran, word of mouth communication menjadi salah satu strategi yang sangat berpengaruh di dalam keputusan konsumen untuk menggunakan produk atau jasa. Traditional Word of Mouth telah terbukti memunyai peran besar pada keputusan pembelian konsumen dengan memengaruhi pilihan konsumen.

Electronic Word of Mouth : komunikasi sosial yang berbasis pada internet. Electronic Word of Mouth merupakan proses Word of Mouth yang dilakukan secara online dengan menggunakan internet. Electronic Word of Mouth adalah pernyataan positif ataupun negatif yang dibuat pelanggan terhadap bentuk atau jasa perusahaan secara online.

Pada UMKM jajanan pasar biasanya bentuk pemasaran ini dilakukan namun hanya di lingkup warga sekitar, seperti UMKM Jajanan Pasar ''Gibran Snack & Nasi Kotak'' hanya warga Kelurahan Gajahmungkur di sekitar RW IX saja yang tau jika ada produk jajanan pasar dan dalam bentuk satuan maupun tampahan. Sulit sekali kita bagi mahasiswa yang sering mengadakan danusan maupun acara sosialisasi yang biasanya menggunakan konsumsi jajanan pasar kurang tau dimana lokasi , harga dan rasa yang enak yang mudah didapatkan. 

Dengan Program kerja mahasiswa Menjadi Pemeran Dalam Keberlangsungan Pendampingan EWOM Untuk UMKM yang Masih Memiliki Target Pasar di Lingkup Kecil dapat melakukan  penyebaran WOM & EWOM yang diharapkan dapat membuat UMKM jajanan pasar yang ada di RW IX dapat dikenal banyak di kalangan manapun khususnya di kota Semarang.

Penulis : Meylisa Eka Putri -- Manajemen (FEB) Undip

DPL      : Dr.Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline