Lihat ke Halaman Asli

Meylisa Eka putri

UNIVERSITAS DIPONEGORO

KKN Tim II UNDIP: Inovasi Pembuatan Logo, Stiker, hingga Kartu Nama pada UMKM Jajanan Pasar di RW IX Gajahmungkur

Diperbarui: 12 Agustus 2022   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Mendirikan suatu usaha merupakan sebuah ide yang praktis bagi sebagian orang dengan skala kecil atau besar. Dalam membangun usaha, diperlukan strategi marketing yang tepat agar pengembangan bisnis lebih optimal dan terus menghasilkan keuntungan. Salah satu bentuk strategi marketingnya yaitu dengan Branding adalah salah satu hal krusial yang perlu dibangun dari awal bisnis berjalan., kita harus mulai membangun citra yang baik dan meningkatkan brand awareness agar masyarakat sadar dengan usaha yang didirikan.

Dimulai dari memperkenalkan identitas brand ke calon pembeli . Jika memiliki citra brand yang baik, ada baiknya jika logo yang merepresentasi brand juga bagus dan menarik. Karena logo yang dibuat akan sangat menempel dengan identitas bisnis. Logo yang dibuat harus menarik, dan mengandung makna yang dapat mewakili usaha. Dengan logo yang menarik, otomatis calon pembeli juga akan tertarik untuk mencari tahu produk apa yang ditawarkan.

Membantu Pelaku Usaha dalam merencanakan, menjalankan, dan mengendalikan bisnis usaha mikro dengan memberikan berbagai macam strategi dan alternatif plan agar mampu bersaing pada pasar yang kompetitif mungkin hal yang mudah, namun tidak banyak pelaku UMKM tentunya yang menerapkan strategi produk dan merek pada usahanya karena kurangnya informasi yang diberikan.

UMKM yang ada pada Kelurahan Gajahmungkur RW IX yaitu usaha pada ''Jajanan pasar Bu Gibran '' Mengenai permasalahan diatas mahasiswa KKN berinisiatif untuk memberikan edukasi dasar -  dasar melakukan praktik pemasaran. Pemilik usaha ini diharapkan lebih memahami dan mengerti secara langsung. 

Kemudian mahasiswa KKN ini juga memberikan Desain Logo dan penentuan merek dagang pada UMKM ini. Lalu ada juga Catalog Menu yang digunakan media penawaran atau memasarkan jajanan dengan menunjukan berbagai jenis produk yang disajikan, kegunaan atau fungsi dari produk tersebut, dan apa saja kategori dari produk tersebut serta sebagai media promosi yang efisien dan efektif, Kemudian mahasiswa juga membantu membuat desain dan  Kartu Nama serta membagikan kartu nama yang digunakan sebagai Business Branding yang eksklusif yang memuat data dan informasi Usaha.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline