Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Minat Baca Siswa Menggunakan Metode Cerdas Literasi

Diperbarui: 6 Desember 2022   22:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Literasi adalah seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. 

Gerakan literasi dalam pembelajaran saat ini merupakan kondisi yang mengkhawatirkan sebab pelaksanaan gerak literasi belum terlalu gencar dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran sehingga minat siswa terhadap kegiatan literasi seperti membaca masih rendah. 

Keadaan tersebut tentu sangat merugikan siswa karena literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa yang berguna untuk mengembangkan kemampuan diri. Oleh karena itu dibutuhkan metode yang menarik untuk meningkatkan kemampuan literadi siswa.

Cerdas literasi adalah suatu metode untuk meningkatkan minat baca siswa di sekolah. Kegiatan yang termasuk di dalamnya antara lain: Melakukan perencanaan terkait kegiatan penerapan metode "Cerdas Literasi" dalam pembelajaran dalam bentuk RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Membuat media bantu untuk meningkatkan minat baca siswa menggunakan metode "Cerdas Literasi", Melakukan pelaksanaan kegiatan "Cerdas Literasi" meliputi kuis membaca, cerita bergilir dan membuat pohon literasi, Memberikan reward dan punishment, Melakukan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilakukan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline