Lihat ke Halaman Asli

PM Desa Patih Selera

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Kegiatan Pengabdian Masyarakat tentang Sosialisasi PHBS pada Anak-anak di Desa Patih Selera

Diperbarui: 6 September 2022   00:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Saya adalah mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Banjarmasi, saya melakukan program kerja pengabdian masyarakat di Desa Patih Selera, tujuan saya melaksanakan program kerja ini karena untuk mengajarkan sejak dini tentang pola hidup bersih dan sehat, untuk kesukaan saya sangat suka dengan senja, pantai dan langit

Patih Selera, 26 Agustus 2022 -- Tangan yang tidak bersih dapat menimbulkan penyakit. Ada beberapa penyakit  dapat tersebar lewat tangan yang kotor yaitu cacingan, diare, flu dan batuk. Kebersihan tangan juga sering diabaikan dan bukan merupakan kebiasaan sebelum makan. Masyarakat juga sering mencuci tangan menggunakan air saja, bukan dengan ditambahkan sabun. Menggunakan sabun sebagai antiseptik akan menghilangkan bakteri dari tangan lebih efektif daripada air saja.

Cuci tangan menggunakan sabun  lebih baik daripada tidak menggunakan sabun. Dengan cuci tangan menggunkan sabun, kotoran yang menempel dikulit dapat cepat bersih. Dengan mengikuti 6 langkah cuci tangan, lebih baik dalam membersihkan kotoran yang menempel di kulit.

Program kerja Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Senin, 22 Agustus 2022 bertempat di SDN Patih Selera. Sebelum memberi materi saya bertanya kepada anak-anak cara cuci tangan versi mereka. Ada salah satu anak yang berani menjawab maju ke depan mempraktekkan meskipun langkahnya masih belum benar, tetapi tetap saya beri hadiah. Setelah itu saya menyampaikan materi dan dibarengi pembagian poster yang dibantu teman saya.

Dilanjutkan dengan praktek langsung di dalam dan di luar kelas. Setelah praktek di lapangan, saya dan anak-anak kembali ke dalam ruang kelas untuk mengulang kembali apa yang sudah saya praktekkan sebelumnya lalu saya pilih 2 orang anak untuk mempraktekkan kembali di depan anak-anak yang lain dan saya berikan hadiah sebagai tanda terimakasih karena sudah menyimak penjelasan saya mengenai cara cuci tangan dengan benar. Sebelum sesi foto saya memberikan sabun cuci tangan yang bertujuan agar anak-anak bisa menerapkan dalam sehari-hari. Selanjutnya sesi terakhir yaitu foto bersama. Adapun harapannya kegiatan yang saya laksanakan dapat bermanfaat dan juga dapat menumbuhkan kesadaran sejak dini untuk selalu menjaga kebersihan tangan.

Kegiatan praktik cara mencuci tangan di dalam kelas. (Dokpri)

Kegiatan praktik cara mencuci tangan di luar kelas. (Dokpri)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline