Lihat ke Halaman Asli

Makanan yang Perlu Dikonsumsi Waktu Berbuka

Diperbarui: 25 Juni 2015   02:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Rasanya sekarang saya perlu menulis tulisan yang bertema Ramadhan atau yang berbau Ramadhan. Kenapa begitu? Ya wajarlah, karena sekarang kan bulan Ramadhan. Saya perhatikan sejak awal Ramadhan sampai sekarang sudah ratusan tulisan dari kompasianer yang mengulas seluk beluk Ramadhan.

Bagi penulis atau yang ingin menjadi penulis, sebenarnya ini moment yang tepat untuk mengasah tulisan, tapi tentunya tanpa melupakan ibadah dan amal saleh yang perlu kita tingkatkan di bulan ini.

Oke, kali ini saya akan membahas sedikit tentang buka puasa.

Teman-teman tentu sudah tahu bahwa buka puasa termasuk salah satu kegiatan yang perlu diperhatikan bagi orang yang berpuasa. Yang perlu menjadi titik perhatian di sini adalah apa saja yang kita konsumsi ketika berbuka?

Buah kurma, atau dengan buah-buahan dan minuman yang manis seperti madu termasuk makanan yang  cocok untuk itu. Mengapa demikian? Karena buah-buahan dan minuman yang manis merupakan bahan bakar siap pakai yang dapat segera diserap oleh tubuh untuk memulihkan tenaga setelah seharian tubuh tidak disuplai oleh makanan dan minuman. Glukosa yang terkandung di dalam buah-buahan dan minuman yang manis merupakan sumber energi utama bagi sel-sel tubuh. Glukosa efektif dibutuhkan ketika tubuh memerlukan masukan energi yang diperlukannya.

Pada waktu buka puasa suplai gizi perlu diusahakan memenuhi unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh, meliputi enam jenis zat gizi yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Pentingnya keseimbangan gizi sering kurang disadari karena hasilnya tidak terlihat langsung. Seseorang yang kekurangan zat gizi tertentu sama bahayanya dengan mereka yang kelebihan gizi tertentu. Makan yang seimbang baik dalam porsi maupun gizi akan mempengaruhi susunan saraf pusat dan kondisi biokimia tubuh. Makan yang seimbang adalah makan yang tidak kekurangan tetapi juga tidak berlebihan, yang disesuaikan dengan usia, kualitas dan kuantitas gerak serta kondisi tubuh.

Pada beberapa orang, pada saat puasa mempunyai keluhan seperti merasa lemas dan lesu atau stamina menurun, juga gangguan pencernaan seperti perut kembung dan gangguan lambung. Tak perlu khawatir. Sebab, beberapa bahan pangan tertentu seperti madu, jahe, kencur, temu lawak, dan bahan-bahan lainnya dapat digunakan untuk mengatasi stamina menurun, kembung, dan gangguan lambung pada saat puasa.

Mungkin itu sedikit tulisan tentang apa yang perlu dikonsumsi pada waktu berbuka puasa. Semoga bermanfaat...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline